PENGARUH PROFITABILITAS DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

  • Andanika Andanika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ismawati Ismawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah profitabilitas dan Growth Opportunity berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui struktur modal. Perusahaan yang diteliti adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index sebanyak 14 perusahaan selama lima tahun dengan periode tahun 2011-2015.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index pada tahun 2011-2015. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Teknik pengambilan data yaitu penulusuran data online laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis) untuk analisis data dengan bantuan program SPSS Ver. 21.

Penelitian ini memperoleh hasil bahwa profitabilitas yang diproksikan dengan return on equity (ROE) dan return on asset (ROA) tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap struktur modal, sedangkan growth opportunity yang diproksikan dengan price earning ratio (PER) dan Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian dengan menggunakan variabel intervening memperoleh hasil bahwa struktur modal tidak mampu memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan sedangkan struktur modal mampu memediasi pengaruh pengaruh growth opportunity terhadap nilai perusahaan.

Keywords: Profitabilitas, Growth Opportunity, Struktur Modal, Nilai Perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Tri Basuki Dan Nano Prawoto, Analisis Regeresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Jakarta : Penerbit Rajagrafindo Persada)

Bonifasius Tommy Kurniawan Admaja. “Pengaruh Profitability, Tangibility, Growth Opportunity, Corporate Tax, Non-Debt Tax Shield, Dan Inflation Rate Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur”. Skripsi. (Surakarta : Universitas Sebelas Maret, 2010)

Bramantyo Djohanputro. “Manajemen Keuangan Korporat”. (Jakarta : PT Mitra Kesjaya, 2008)

Brigham Dan Houston, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Essentials Of Financial Management (Edisi 11 Buku 2 Jakarta Selatan : Penerbit Salemba Empat, 2011)

David Sukardi Kodrat Dan Christian Herdinata, Manajemen Keuangan Based On Empirical Research, (Edisi 1 ; Yogyakarta : Graha Ilmu, 2009)

Eka Amelia Kusumaningrum. “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Aset, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal”. Jurnal

Galishia Putry, Iman Sugema dan Deni Lubis. “Analisis Perbandingan Excess Return Jakarta Islamic Index dan Indeks Harga Saham Gabungan”. Jurnal (Institut Pertanian Bogor : Fakultas Ekonomi dan Manajemen)

Ginanjar Indra Kusuma, Suhadak , dan Zainul ArifinAnalisis Pengaruh Profitabilitas (Profitability) dan Tingkat Pertumbuhan (Growth) Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Real Estate and Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2011)

Hasni Yusrianti. Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Struktur Asset, dan Growth Opportunity Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Telah Go Public Di Bursa Efek Indonesia : Fakultas Ekonomi UNSRI 2013

Hasni Yusrianti. Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Struktur Asset, dan Growth Opportunity Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Telah Go Public Di Bursa Efek Indonesia : Fakultas Ekonomi UNSRI 2013

https://3kh4.wordpress.com/2013/11/09/jakarta-islamic-indeks-jii/ (diakses pada 20 desember 2016)

Hudan Diandono. “Pengaruh Mekanisme Good Coorporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Yang Masuk Jakarta Islamic Index”. (Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012)

Sudana, I Made. ”Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik”. (Jakarta : Penertbit Erlangga)

Ida Bagus Made Dwija Bhawa dan Made Rusmala Dewi S. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Perusahaan Farmasi”. Jurnal (Bali : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana,2015)

IDX, Laporan Keuangan dan Tahunan Perusahaan Tercatat di Bursa Efek Indonesia,(www.idx.co.idid/beranda/perusahaantercatat/laporankeuangandantahunan.aspx),diakses tanggal 23 desember 2016.

Irvan Deriyarso. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. skripsi (semarang : fakultas ekonomi dan bisnis)

Kasmir, Pengantar Manajemen Keuangan, (Jakarta : Prenamedia Group, 2010)

Kuncoro , Agus. Analysis Multivariat, (Bandung : Penerbit Alfabeta),

Mamduh M. Hanafi.2015 ,Manajemen Keuangan Edisi 2, (Yogyakarta : BPFE)

Mochamad Yahdi Khairin. “Pengaruh Growth Opportunity, Profitabilitas, Fixed Asset Ratio dan Risiko Pasar Terhadap Struktur Modal”. Jurnal (Semarang:Universitas Diponegoro Semarang)

Rahman Rusdi Hamidy, I Gusti Bagus Wiksuana, dan Luh Gede Sri Artini Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia

Rista Bagus Santika Bambang Sudiyatno, Menentukan Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia, Jurnal

Rury Setiani. “Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal (Padang: Universitas Negeri Padang).

Sri Hermuningsih. “Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik Di Indonesia”. Jurnal (Yogyakarta : University Of Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, 2013)

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ketigabelas

Sustari Alamsyah, Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, Relevansi Nilai Informasi Akuntansi, Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening. (Studi Pada Perusahaan Indeks Kompas 100 periode 2010-2013),

Sutrisno, Manajemen Keuangan: Teori Konsep dan Aplikasi, (Edisi Pertama, Cetakan Keenam, Yogyakarta: Eknosia 2008).

Yandri Arviansyah. “Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di JII Periode 2008-2011)”. Skripsi

Yangs Analisa. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008”. ,Skripsi, (Semarang : Universitas Diponegoro,2011).

Published
2017-12-01
How to Cite
Andanika, A., & Ismawati, I. (2017). PENGARUH PROFITABILITAS DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX. Jurnal Iqtisaduna, 3(2), 205-233. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v3i2.4051
Section
Volume 3 Nomor 2 (2017)
Abstract viewed = 2727 times