EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE LATIHAN BERSAMA TEMAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 5 MAKASSAR

  • Ahmad Saleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode latihan bersama teman terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX CSMP Negeri 5 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan One-Group Pretest-Posttes Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa yang terkait dengan materi bangun ruang, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif  menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika sebelum penerapan metode latihan bersama teman adalah 52,45, sedangkan rata-rata hasil belajar matematika setelah penerapan metode latihan bersama teman adalah 76,59. Adapun analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa metode latihan bersama teman efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX C2 SMP Negeri 5 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud. Pedoman umum sistem pengujian hasil kegiatan belajar. www.google.com (4 Agustus 2010).

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. Sobry. (2010). Strategi belajar mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, O. (2002). Psikologi belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kalimantan Post, Matematika dalam kehidupan beragama. www.google.com (07 April 2011).

Mujiyanto. (2007). Penggunaan media pendidikan pada pengajaran matematika di sekolah menengah. (diakses dari internet: http://one.indoskripsi.com).

Pidarta, M. (2007). Landasan kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rastodio. Kinerja mengajar guru. Situs Rastodio. http://rastodio.com/pendidikan-mengukur-kinerja-mengajar-guru-html#respon (10 oktober 2010).

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saptarini, R. (2002). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa. Skripsi: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Shadiq, F. (2011). Apa dan mengapa matematika begitu penting. www.google.com (07 April 2011).

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi DEPDIKNAS.

Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. (2005). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode penelitan pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontenporer. Bandung: JICA-IMSTEP PROJECT.

Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata. (1982). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Depdikbud.

Syah, M. (2006). Psikologi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tiro, M. A. (2000). Dasar-dasar statistika. Makassar: State University Of Makassar Press.

Yamin, M. (2009). Desain pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yusuf, M. (2006). Efektivitas penerapan metode pembelajaran index card match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lembang Kabupaten Pinrang. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Alauddin Makassar.

Published
2015-06-12
Section
Articles
Abstract viewed = 440 times