Kolaborasi Rangkaian Gaya Gerak Listrik Induksi dengan Hukum Orsted dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Bulukumpa Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.24252/jpf.v2i1.3034Keywords:
GGL Induksi, Hukum Oertsted, Kreativitas, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 6 Bulukumpa dengan menggunakan kolaborasi rangkaian gaya gerak listrik induksi dengan hukum orsted. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXc, kelas ini digunakan sebagai sampel karena kelas ini belum pernah diberikan praktikum dan juga prestasi belajar yang rendah. Model penelitian ini yaitu one group pretest posttest design. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa t tabel lebih kecil daripada t hitung. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa setelah melakukan pelatihan praktikum tentang kolaborasi rangkaian ggl induksi dengan hukum orsted terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar fisika pada kelas IXc
Downloads
References
Ishaq, Mohammad. 2007. Fisika Dasar Eelektisitas dan Magnetisme . Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana,dkk. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.