EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJAR QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK AMBAK (APA MANFAAT BAGIKU) TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

  • Syamsul Mawardi
    (ID)
  • Muh. Yusuf Hidayat UIN Alauddin Makassar
  • Nursalam Nursalam UIN Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian  ini  merupakan  penelitian quasi eksperiment yang  bertujuan  untuk mengetahui: 1) Minat belajar peserta didik kelas VIII yang di ajar menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan teknik AMBAK. 2) Minat belajar peserta didik kelas VIII yang di ajar menggunakan model pembelajaran lansung. 3) Perbedaan minat belajar antara model pembelajaran quantum teaching dengan teknik AMBAK dan yang menggunakan model pembelajaran lansung pada peserta didik kelas VIII  Desain  penelitian  yang  digunakan  adalah  the post test only control group desain. Populasi  pada  penelitian  ini  adalah seluruh  siswa  kelas  VIII SMPN  5  Pinrang  yang  berjumlah  174 orang  yang  tersebar  dalam  7  kelas. Sampel  penelitian  berjumlah  48  orang  yang  dipilih  dari  dua  kelas  dengan menggunakan matching sampling. Hasil  penelitian  deskriptif  menunjukkan  bahwa  nilai  rata-rata  minat belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching dengan teknik AMBAK sebesar 84,50 dan yang menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 79,75. Selanjutnya, berdasarkan hasil  analisis  statistik untuk minat belajar yang menunjukkan  bahwa thitung yang diperoleh sebesar 2,460  dan ttabel sebesar 2,021. Sehingga thitung >  ttabel. Hal ini menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  minat belajar fisika yang  signifikan antara  siswa  yang  diajar  dengan  model quantum teaching dengan teknik AMBAK dan  yang diajar dengan model pembelajaran langsung  pada kelas VIII SMPN 5 Pinrang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XIII; PT Rineka Cipta: Jakarta.

DePorter, dkk. 2001. Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung : Kaifa

DePorter, dkk. 2010. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning diRuang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Misbahuddin. 2013.Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: BumiAksara.

Sitti Mania. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Makassar: UIN Pres

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Saefullah. Psikologi perkembangan dan pendidika: Bandung: Pustaka setia ,2012.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung

Published
2017-09-01
How to Cite
Mawardi, S., Yusuf Hidayat, M., & Nursalam, N. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJAR QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK AMBAK (APA MANFAAT BAGIKU) TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 128-133. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3166
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 270 times