PENGARUH METODE POSTER COMMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1.3241Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik pada pelajaran fisika yang diajar dengan metode poster comment dengan menggunakan media kartu bergambar di SMPN 1 TANETE RIAJA, mengetahui keaktifan belajar peserta didik pada pelajaran fisika yang diajar dengan metode poster comment tanpa menggunakan media kartu bergambar di SMPN 1 TANETE RIAJA, serta mengetahui perbedaan kekatifan belajar peserta didik pada pelajaran fisika yang diajar dengan metode poster comment menggunakan media kartu bergambar dan peserta didik yang diajar dengan metode poster comment tanpa menggunakan media kartu bergambar di SMPN 1 TANETE RIAJA. Desain yang digunakan adalah The Matching Only Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang dipilih menggunakan teknik matching atau pemadaman sampel. Hasil perhitungan uji t2 sampel independent untuk keaktifan diperoleh nilai thitung sebesar 18,77 dan ttabel sebesar 2,05, sehingga thitung<ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan Metode Poster Comment menggunakan Media Kartu Bergambar dan peserta didik yang diajar dengan Metode Poster Comment tanpa menggunakan Media Kartu Bergambar.Downloads
Download data is not yet available.
References
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Creswell, 2015. John. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fraenkel, Jack R. dan Wallen, Norman E. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.
Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Rhusty Publisher.
S. Sadiman, Arif, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Manfaatnya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada.
Uno, B. Hamzah. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Creswell, 2015. John. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fraenkel, Jack R. dan Wallen, Norman E. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.
Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Rhusty Publisher.
S. Sadiman, Arif, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Manfaatnya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada.
Uno, B. Hamzah. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
2018-03-01
How to Cite
Taha, M. J., Syamsuddin, S., & Taufiq, A. U. (2018). PENGARUH METODE POSTER COMMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 40–44. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1.3241
Issue
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.