MENINGKATKAN HASIL BELJAR SISWA MELALUI METODEl PEMBELJARAN DISCOVERY

  • Sap’Ari Sap’Ari
    (ID)
  • Suprapta Suprapta
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery yang ditujulan pada siswa kelas x.a SMAN 1 Liukang Tangaya Kab. Pangkep,. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas x.a. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Terdiri dari dua siklus tindakan, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, kegiatan tindakan dan observasi, refleksi. Instrument yang digunakan antara lain lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan:1) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran discovery di SMAN 1 Lk. Tangaya pada materi suhu dan kalor dilaksanakan dengan penalaran, menjelaskan, memecahkan masalah dan praktikum. 2),Kegiatan belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran discovery yang dipadukan dengan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa  kelas X.a SMAN 2 Lk. Tangaya dilihat dari meningkatnya hasil dari siklus 1 yaitu rata-rata 80% dan meningkat pada siklus ke 2 yaitu dengan nilai 90% yang dilihat dari hasil persentase KKM. Dengan demikian metode pembelajaran discovery dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Liukang Tangaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta; Bumi Aksara.

Herdian. 2010. Metode Pembelajaran Discovery (Penemuan).

Ifzanul. Macam-macam Pembelajaran. (HTML), http://blogspot.comd. , (26 oktober 2014).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung; Remaja Rosdakarya

Published
2017-03-01
How to Cite
Sap’Ari, S., & Suprapta, S. (2017). MENINGKATKAN HASIL BELJAR SISWA MELALUI METODEl PEMBELJARAN DISCOVERY. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 72-74. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4098
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstract viewed = 140 times