PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

  • Nurma Apriyana Universitas Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Fisika.
    (ID)
  • Kartini Herlina Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
    (ID)
  • Abdurrahman Abdurrahman Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan memiliki validitas sangat baik. Hal tersebut dilihat berdasarkan rata-rata skor uji ahli materi dan desain sebesar 90,55% dan 87,58% dengan kualitas sangat baik. Uji keterbacaan pada kelas A dan B diperoleh rata-rata skor sebesar 82,27% dan 80,64% dengan kualitas sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dilihat dari nilai n-gain pada kelas A dan B sebesar 0,74 dan 0,78 dengan kategori sedang, dan nilai sig. pada uji paired sample t sebesar 0,00 pada kedua kelas. Guru dan siswa memberikan respon yang baik terhadap LKS yang dikembangkan. Simpulan penelitian ini adalah dihasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Retrieved from http://www.bsnp-indonesia.org/id.

Depdiknas. (2008). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Ennies, R. H. (2011). The Nature of Critical Thingking: an Outline of Critical Thingking Disposition and Abilities. Retrieved from http://faculty.ed.uiuc.edu/

Hake, R. (2002). Analyzing Change/Gain Score. USA: Indiana University.

Khanasta, I., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Menggunakan Metode Demonstrasi terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Yapis Manokwari. Wahana Didakti, Vol. 14, No. 3, 14–27.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Mulitmedia-Based Instructional Design: Computer Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions (2nd ed.). San Fransisco: Pfeiffer.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Tsourlidaki, E. (2015). Phases of Inquiry-Based Learning: Definitions and the Inquiry Cycle. Educational Research Review, Vol. 14, 47–61.

Prince, M., & Richard, F. (2007). The Many Faces of Inductive Teaching and Learning. Journal of College Science Teaching, Vol. 36, No. 5, 14–20.

Purwaningsih, E. (2015). Potret Representasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Mengajarkan Materi Getaran dan Gelombang pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Applied Physics, Vol. 5, No. 01, 9-15.

Ratumanan, T. G., & Laurent, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan (2nd ed.). Surabaya: Unesa University Press.

Resita, I. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Cahaya.

Safitri, R., Jamal, M. A., & Abdul, M. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 3, No. 3, 170–175.

Sarjono. (2017). Internalisasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Madaniyah, Vol. 7, No. 2, 343–353.

Septiani, D., Ridlo, S., & Setiati, N. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Journal of Biology Education, Vol. 2, No. 3, 359-365.

Sudjana. (2005). Metode Statistika (6th ed.). Bandung: PT. Tarsito.

Wulandari, E., Suliyanah, & Rohmawati, L. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Pokok Bahasan Hukum Newton di SMA Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 06, No. 03, 258–264.

Published
2019-07-22
How to Cite
Apriyana, N., Herlina, K., & Abdurrahman, A. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 92-96. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.9332
Section
Articles
Abstract viewed = 1399 times