IMPLEMENTASI DISKUSI KELOMPOK INTERAKTIF MUSYAWARAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEDAGOGIK GURU FISIKA SMA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG DALAM MENYUSUN RPP

  • Munandar Munandar Pengawas SMA KCD wilayah IIIV Provinsi Sulawesi Selatan

Abstract

Pada survai awal dari penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilatarbelakangi oleh (a) masih terdapatnya guru fisika SMA yang tidak berlatar belakang pendidikan fisika, (b) sebagian guru fisika SMA yang tidak kompeten dalam pelajaran ilmu fisika, (c) tidak semua guru fisika SMA, terutama yang berstatus honorer, berkesempatan mengikuti penataran atau diklat kurikulum, dan (d) jarangnya kegiatan MGMP fisika SMA kabupaten Sidenreng Rappang yang khusus membahas RPP pelajaran tersebut, sehingga rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mereka susun kurang lengkap dan tidak sistematis.

       Berikut ini adalah tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui (a) peningkatan mutu kompetensi pedagogik guru fisika SMA dalam menyusun RPP melalui inplementasi diskusi kelompok interaktif kegiatan MGMP fisika Kabupaten Sidenreng Rappang semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, dan (b) pengaruh  inplementasi diskusi kelompok interaktif kegiatan MGMP fisika dapat meningkatkan mutu kompetensi pedagogik guru fisika SMA dalam menyusun RPP Kabupaten Sidenreng Rappang semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Dengan implementasikannya metode penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan perbaikan, (3) observasi, dan (4) refleksi.

       Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Terdapat peningkatan mutu kompetensi pedagogik guru fisika SMA dalam menyusun RPP melalui inplementasi diskusi kelompok interaktif kegiatan MGMP fisika Kabupaten Sidenreng Rappang semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dengan menggunakan penilaian melalui rubrik penilaian aktivitas guru dalam proses penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama inplementasi diskusi kelompok interaktif penyusunan RPP pada kegiatan MGMP fisika SMA Kabupaten Sidenreng Rappang, diketahui pada pada siklus I jumlah guru aktif 8 (53,33%) dari 15 guru, pada siklus II jumlah guru aktif 15 (100%) dari 15 guru, terdapat peningkatan yang cukup signifikan dari siklus I ke siklus II sebesar 46,67%, yang berarti berada pada katagori sangat baik, dan (b) inplementasi diskusi kelompok interaktif kegiatan MGMP fisika berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu kompetensi pedagogik guru fisika SMA dalam menyusun RPP fisika SMA Kabupaten Sidenreng Rappang semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa keterlibatan guru dalam kegiatan tersebut meningkat, yang berati tergolong sangat baik.

       Dari hasil penelitian tindakan sekolah ini penulis merekomendasikan kepada guru fisika SMA kabupaten Sidenreng Rappang agar mengoptimalkan perannya sebagai perencana, pengorganisir, dan penilai pembelajaran, kepada kepala sekolah agar memfasilitasi guru fisika untuk meningkatkan mutu kompetensi pedagogiknya sehingga berimbas pada peningkatan prestasi belajar siswa yang berdampak pada mutu pendidikan di sekolah dapat meningkat, kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Sidenreng Rappang, dan Depdiknas agar lebih sering memfasilitasi kegiatan MGMP fisika dengan mengikutsertakannya dalam berbagai diklat sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Sidenreng Rappang secara khusus

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : BSNP.

Depdiknas. (2003). Revitalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta : Program Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. (2008). Pedoman Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA / SMK. Jakarta : Dirjen PMPTK.

Makmun, Abin Syamsudin. (2005). Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Panitia Pelaksana Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 10 Jawa Barat. (2009). Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), Pengawas. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sagala, H. Syaiful. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, H. Nana. (2009). Penelitian Tindakan Kepengawasan, Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Jakarta : Binamitra Publishing.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardani, IGAK, dkk. ((2007). Penelitian Tindakan Kelas. Buku Materi Pokok IDIK4008/2SKS/MODUL 1-6. Jakarta : Universitas Terbuka.

Published
2019-09-25
How to Cite
Munandar, M. (2019). IMPLEMENTASI DISKUSI KELOMPOK INTERAKTIF MUSYAWARAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEDAGOGIK GURU FISIKA SMA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG DALAM MENYUSUN RPP. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 114-121. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.9471
Section
Articles
Abstract viewed = 363 times