English at Kindergarten (A Case Study at TK Aisyiyah Makassar

  • Serliah Nur Dosen Bahasa Inggris pada Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang sikap anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK) terhadap pemanfaatan nyanyian, permainan, dan kisah-kisah yang berbahasa Inggris dalam mengenalkan bahasa Inggris di TK Aisyiyah Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak telah menunjukkan antusiasme tinggi dari pembelajaran kosakata bahasa Inggris dan bangga untuk dapat bernyanyi dan menghitung jumlah dalam bahasa Inggris. Faktor yang mendukung pengenalan bahasa Inggris dalam kegiatan mereka adalah lingkungan sekolah, kompetensi guru, metode mengajar, dan bahan untuk proses belajar mengajar. Studi ini menyimpulkan bahwa bahasa Inggris dapat diperkenalkan di TK tanpa adanya tambahan jam khusus untuk pelajaran bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Kota Makassar. 2003. Kota Makassar Dalam Angka. BPS Kota Makassar.

Brown, Eowyn. 2004. Using Children’s Literature with Young Learners. The internet TESL Journal, vol X, No. 2, February 2004.

Cakir, Abludvahit 1999. Musical Activities for Young Learner of English as a Foreign Language. The internet TESL Journal, vol. V, No. 11, Nov 1999.

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Permainan Membaca dan Menulis di Taman Kanak-Kanak. Jakarta; Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Jakarta; Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta; Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Diptodi, Veronica L.2000. Transformations in the English Classroom. Jurnal Ilmu Pendidikan, Desember 2000, jilid 7.

Harmer, Jeremy. 1991. The practice of English Language Teaching. New York: Longman Group.

Imran, Muhammad. 2002. The teaching of English as a Local Content at Elementary Schools in Kabupaten Wajo. Unpublished Paper. Makassar State University.

O’Grady, W and Dobrovolsky, M and Arnoff, M. 1989. Contemporary Linguistics. New York: St. Martin’s Press.

Rasyid, Muhammad Amin. 1993. Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar, Kebutuhan atau Keinginan? Jurnal Pendidikan Keguruan IKIP No. I volume XVIII.

Yamamoto, Junko. 2000 Getting Japanese Children to Make Use of Naturally Sounding English in the Classroom. The internet TESL Journal, vol. VI, No. 10, Oct 2000.

Van Els, Theo. 1984. Applied Linguistics and the Learning of Foreign Language. London. Edward Arnold Publisher, Ltd.

Published
2012-12-18
How to Cite
Nur, S. (2012). English at Kindergarten (A Case Study at TK Aisyiyah Makassar. Jurnal Adabiyah, 12(2), 234-241. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/1721
Abstract viewed = 279 times