Staregi Dan Pendekatan Pendidikan (Telaah Terhadap Konsep Pendidikan Lukman Al-Hakim) Barsihannor

  • Barsihannor Annur Dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin
    (ID)

Abstract

Lukman al-Hakim merupakan tokoh yang membuat konsep pendidikan dasar berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Implikasi pendidikan Luqman al-Hakim meliputi unsur dan pendekatan pendidikan. Kedua faktor tersebut tidak terlepas dari aktivitas pendidikan, tujuan yang bersifat ukhrawi dan duniawi, serta penerapannya tidak ada perbedaan. Kepentingan ukhrawi maupun duniawi sama-sama penting, sehingga keduanya harus diwujudkan. Pendekatan pendidikan yang meliputi pendekatan filosofis, psikologis, dan religius terdapat dalam pendidikan Luqman al-Hakim yang memiliki peranan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Ketiga pendekatan itu memiliki dasar dan akar yang sangat kuat sebagai salah satu aspek yang harus menyertai proses pendidikan. Kisah Luqman al-Hakim memiliki implikasi yang positif terhadap dunia perkembangan pendidikan modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-‘Azis, Salih ‘Abd dan ‘Abd al-‘Azis ‘Abd al-Majid, al-Tarbiyat wa Turuq al-Tadris, jus I. Mesir: Dar al-Ma’arif, t.th.

Al-Bukhariy, Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn Isma’il, Sahih al-Bukhariy, jilid III. Jakarta: Maktabat Dahlan, t.th.

Al-Gazaliy, al-Munqiz min al-Dalal. Kairo: t.p., 1316 H.

‘Ali, Sa’id Isma’il, Nasy’at al-Tarbiyah al-Islamiyyah. Mesir: ‘Alam al-Kutub, 1978.

Al-Nahlawiy, Abd al-Rahman, Usul al-Tarbiyat al-Islamiyah wa Asalibuha, diterjemahkan oleh Sihabuddin dengan judul Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press, 1995..

Darajat, Zakiyah, Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

..........., Pendidikan Agama Dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

Ferm, Vergilius (ed.), An Encyclopedia of Religion. Westport: Greenwood Press, Publisher, t. th.

Hick, John, “Ontological Argument”, dalam Paul Edward (ed.), The Encyclopedia of Philosophy, vol. V. New York: Macmillan Publishing Co. Inc., t. th.

Hurlock, Elizabeth B., Child Development. t.t.: t.p., 1978.

Leukel, Francis, Introduction to Psychological Psychology. Tokyo: Toppan Company, 1968.

Lindgren, Robert I, Watson and Henry Clay, Psychology of The Child. New York: John Wiley & Sons Inc., 1973.

Muhammad, Husain, Nahw ‘Ilm al-Nafs al-Islamiy. t.t.: Mua’ssasat Syabab al-Jami’ah, 1984.

Mursiy, Muhammad Munir, al-Tarbiyat al-Islamiyyah Usuluhu wa Tatawwuruha fi al-Bilad al’Arabiyyah. Mesir: ‘Alam al-Kutub, t. th.

Nasution, Harun, Falsafat dan Mistisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Schwartsz, Barry, Psychology of Learning and Behavior. New York: W.W. Norton and Company Inc,m 1978.

Tawil, Taufiq al-Tawil, Asas al-Falsafah. Cairo: Dar al-Nahdat al-‘Arabiyyah, 1979.

Thaha, Khairiyyah Husain, Daur al-Umm fi Tarbiyat al-Atfal li al-Muslim, diterjemahkan oleh Hosen Arjaz Jamal dengan judul Konsep Ibu Teladan. Surabaya: Risalah Gusti, 1994.

Travers, John F., The Growing Child. London: Scott, Foresman and Company, 1982.

Webster, Noah. Webster’s New 20 th Century Dictionary. New York: William Collin Publisher Inc, 1980.

Published
2014-06-21
How to Cite
Annur, B. (2014). Staregi Dan Pendekatan Pendidikan (Telaah Terhadap Konsep Pendidikan Lukman Al-Hakim) Barsihannor. Jurnal Adabiyah, 14(2), 202-216. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/378
Abstract viewed = 982 times