Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Pada Sub Konsep Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMA
DOI:
https://doi.org/10.24252/al-ahya.v7i2.46917Keywords:
Formative evaluation design, E-LKPD, 4D development model, Human digestive systemAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai validitas, kepraktisan isi, serta kepraktisan harapan dan efektivitas E-LKPD, sekaligus mengevaluasi aspek kelayakan, kemudahan penggunaan, daya tarik, dan kontribusinya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tingkat keefektifan harapan diukur berdasarkan hasil penerapan E-LKPD dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, produk dikembangkan dengan menerapkan model 4D yang kemudian dilanjutkan dengan penerapan pendekatan formative evaluation, mencakup tahapan validasi oleh ahli, uji coba secara individu, dan uji coba terbatas dalam kelompok kecil. Validasi dilakukan oleh dua dosen pembimbing bersama seorang guru pamong. Sementara itu, Uji coba pada tingkat individu dilaksanakan bersama tiga peserta didik, sementara uji coba dalam kelompok kecil dilakukan dengan melibatkan empat peserta didik. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa: (1) E-LKPD memiliki tingkat validitas sekurang-kurangnya tergolong valid (rata-rata valid); (2) isi E-LKPD dinilai cukup menarik dan praktis, dengan kategori sekurang-kurangnya baik (rata-rata baik); (3) aspek kepraktisan harapan dikategorikan sekurang-kurangnya baik (rata-rata baik) berkat kemudahan penggunaannya; dan (4) Keefektifan harapan sekurang-kurangnya tergolong kategori baik (rata-rata baik) jika dilihat dari tanggapan peserta didik terhadap soal yang mengukur keterampilan berpikir kritis (KBK). Fokus penilaian E-LKPD berbasis KBK terletak pada keterampilan eksplanasi, dengan capaian sangat baik pada aspek interpretasi dan analisis, serta baik pada keterampilan evaluasi, inferensi, dan eksplanasi.
Downloads
References
Antika, R., Zaini, M., Arsyad, M. (2021). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Konsep Sistem Pencernaan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2 (1): 36-40.
Arsyad, M., Zaini, M., & Aziati, K. (2019). Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Protista Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Penelitian Berbasis Desain). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika “MOTOGPE”.
Astuti, W. Y., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Flim Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta didik Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2 (2): 250-262.
Azizah, I. N. (2016). Pengembangan LKPD Berbasis Komik untuk Menfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Peserta Didik (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
Balela, G., S., A., Kaspul., Arsyad, M. (2021). Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Sistem Perdaran Darah Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4 (1).
Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Wulandari, S. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5 (5): 3607-3613.
Dawa, R. S., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan di SMAS Katolik St. Gabriel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7 (8).
Fatimah, F. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Imtaq Pada Materi Pokok Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Siswa Kelas XI SMAN Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Fitriani., Zaini. M., Kaspul. (2021). Kualitas LKPD Elektronik Konsep Ekosistem Jenjang SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan, 31 (2): 131-138.
Hapsari, A. I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Contextual untu Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 94-101.
Hidayati., Zaini, M., Kaspul. (2021) Efektivitas LKS Siswa Biologi Berbasis SMA Tentang Keterampilan Berpikir Kritis dalam Konsep Virus. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2 (1): 41-46.
Ismiati. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad Ke-21 Berbasis Potensi Local Review Potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitiam dan Pengkajian Ilmu Pendidikan E-Saintika, 4 (2): 234-247.
Kharisma, F. T. N., Zaini, M., Kaspul. (2021). Pengembangan LKS Elektronik pada Konsep Animalia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Tingkat SMA. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3 (3): 227-233.
Komala, F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Self Regulated Learning Menggunakan Google Classroom pada Materi Termokimia. Diakses melalui https://eprints.walisongo.ac.id.
Lestari, R., Sari, M. P., & Syah, A. (2021). Pentingnya Kreativitas Guru dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 120.
Lessy, N., Zaini, M., Kaspul. (2021). Kualitas LKS Elektronik Berdasarkan Keterampilan Berpikir Kritis Konsep Keanekaragaman Hayati Tingkat SMA. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3 (3): 166-172.
Marsuki, N. I., Adnan, & Muhiddin. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Fungi Kelas X SMA. Proceeding Biology Education Conference, 18 (1).
Mulyani, D. (2022). Pengembangan panduan praktikum biologi pada konsep sistem pencernaan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Journal of Nusantara Education, 1(2), 68-78.
Naili, S. (2021). Implementasi model pembelajaran STEAM pada pembelajaran daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 7(2), 123-128.
Ningtyas, E., A. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Pada Konsep Perubahan Lingkungan Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMA. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat.
Pratiwi, Y. A., & Isnawati, I. (2018). Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Bio-Entrepreneurship pada Materi Bioteknologi SMA Kelas XII. BioEdu, 7 (2): 194-200.
Sanjaya. W. E., & Ratnasari. E. (2021). Profil dan Kelayakan Teoretis LKPD “Sistem Pencernaan” Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Bioedu, 10 (2): 403-411.
Syafitri, L. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (lkpd) Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dengan Pendekatan Kontekstual Yang Terintegrasi Ke islaman Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas X SMK (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Wahyuni, E. N., Zaini, M., Rezeki, A. (2022). Kualitas LKPD Elektronik Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Ekologi Jenjang SMA. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 01 (2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Hasanah, Kaspul Kaspul, Bunda Halang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











