Pengembangan Media Infographics Combine On Video Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI Di MA Muallimin Muhammadiyah
DOI:
https://doi.org/10.24252/al-ahya.v7i2.51476Keywords:
R&D, ADDIE, Infographics, System Blood circulationAbstract
Minimnya variasi media pembelajaran di sekolah menjadi kendala dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran infographics combine on video pada materi sistem peredaran darah kelas XI di MA Muallimin Muhammadiyah serta menganalisis tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji produk dilakukan melalui tiga tahap: validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek penelitian terdiri atas 23 peserta didik kelas XI MIPA. Instrumen yang digunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan pendidik, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan memiliki tingkat validitas 3,77 (sangat valid), kepraktisan 3,16 (praktis), dan keefektifan 83% (sangat efektif), dengan nilai peserta didik di atas KKM. Dengan demikian, media infographics combine on video dinyatakan layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Implikasinya, media ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dan penelitian lanjutan disarankan untuk menguji media di sekolah lain.
Downloads
References
Azizah, Hanum, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif Pada Materi Pengetahuan Bumbu Dan Rempah Program Keahlian Tata Boga Untuk Siswa Smk”, jurnal Tata Boga, 12.2 (2023), 20-21.
Branch, Robert Maribe, Instructional Design : The ADDIE Approach. USA: Springer, 2009.
Budiyono Saputro, Manajemen Penelitian Pengembangan, (Sleman: Aswaja Pressindo, 2017)
Dwijayani, Ni Made, “Pengembangan Media Pembelajaran ICARE”, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif , 8. 2 (2017),131.
Dwijayani, Ni Made, “Pengembangan Media Pembelajaran ICARE”, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif , 8. 2 (2017),131
Hamzah , Andi Aulia, dkk. ”Pengaruh Tampilan Modul Ajar Materi Perubahan Lingkungan Tema Sampah Pelastik”, Jurnal biotek, 11.2 (2023), 137
Husen, Mochmad, “Konsep pendididkan islam dalam al-qur’an surah al-baqarah ayat 31-32(study komparatif dalam tafsir ibnu katsir dan tafsir al-misbah). Jurnal aksioma ad-diniyyah: The Indonesian journal of Islamic studies 8.1 : h. 89-108.
Jafrianti, Praktis Belajar Biologi Untuk Mahasiswa Kesehatan, (Malang: Ahlimedia Press, 2022)
Khaerudin, ‘Kualitas Instrumen Tes Hasil Belaja’, Jurnal Madaniyah, 2, Edisi IX, (2015).212.
Kurniawan, Andri dkk, Evaluasi Pembelajaran (Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022)
Kurniawan, Taufik Dwi, “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Sd Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016”, Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3.1 (2016), 21-26
Moch. Abduh. Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. “Panduan Penulisan Tes Tertulis”. (Jakarta:Pusat Penilaian Pendidikan, 2019):h.13
Nadira, Nurasih, dkk. “Uji Validitas Pengembangan E-Modul Materi Ekosistem sebagai Sumber Belajar Biologi pada Kelas X SMA”, Oryza Jurnal Pendidikan Biologi, 2.2 (2022), 60-61
Ngubaidillah, Ahmad dan Rikie kartadien, “Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal penelitian Pendidikan, 35. 2 (2018), 95-102
Nurhayati, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Infografis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Berkorespondensi Dalam Surat Menyurat Di SMP”, Journal Of Instructional Technology 4, no. 2 (2023): 116
Nurhayati, Susanti Sufyadi, Agus Hadi Utama, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Infografis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Berkorespondensi Dalam Surat Menyurat Di SMP”, Journal Of Instructional Technology 4, no. 2 (2023): 116
Nurkholis. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi”. Jurnal kependidikan, 1.1 (2013), 24-44
Paramita, Chano dkk, Kebebasan Media Mengancam Literasi Politik (Malang: PT. Cita Instrans Selaras, 2019
Rasyid, Andi Rahmat Saleh Magfirah, Andi Asmawati Azis, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Canva’, Jurnal Intra Tech, 7.2 (2016),75
Rusliana. Mudahnya Menulis Ilmiah Panduan Praktis (Jakarta: Kencana, 2022).
Senjaya,Wenny Franciska dkk, “Peran Infografis Sebagai Penunjang Dalam Proses Pembelajaran Siswa”. Jurnal Pengadian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2019): h. 55-62
Simanjuntak, Sinta Dameria. Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Menggunakan Konteks Budaya Batak Toba. (Jakarta: Jakad Media Publishing, 2019)
Sulis Setiawati and Merry Lapasau, ”Aspek Bahasa Dan Konstruksi Butir Soal Evaluasi Pada Buku Tematik Kelas Iii Sekolah Dasar”, JARSI: Jurnal Administrasi RS Indonesia, 1.1 (2022), 385
Utama, Noveridha and Zulyusri, ‘Meta-Analisis Praktikalitas Penggunaan E-Modul Oleh Guru Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran’, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 9.1 (2022), 27-33
Warju, dkk. ”Analasis Kualitas Butir Soal Tipe HOTS pada Kompetensi REM Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17.1(2020), 101
Waroka, Fera, Irwandi Ansori dan Abdul Rahman “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Capung Di Persawahan Kualo Bukit Aceh Kota Bengkulu”. Jurnal Pendidikan dan Pembeajaran Biologi 4. 2 (2020): h 218-226
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ade windira, andi maulana, syamsul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











