PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGAPADA MATERI SISTEM SARAF

  • Nurfadillah Salam Universitas islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)
  • Safei Safei Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin makassar
    (ID)
  • Jamilah Jamilah Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran permainan ular tangga pada materi sistem saraf yang memenuhi kriteria kelayakan yakni valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Langkah pengembangannya adalah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajarandikembangkan dan diujicobakan di kelas XI MIA A MA Madani Alauddin Paopao. Data dikumpulkanmenggunakan instrumen lembar validasi, angket dan butir-butir tes. Berdasarkan hasilanalisis data, diperoleh kevalidan media sebesar 3,60 dengan kategori sangat valid, kepraktisanmedia sebesar 4,11 dengan kategori tinggi dan media dikategorikan efektif karena mencapai ketuntasan belajar sebesar 93,33%. Media pembelajaran permainan ular tangga pada materi sistem saraf layak dipertimbangkan sebagai salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Imam dan Sudrajat, Dadang. (2014). Pengembangan Permainan Ular Tangga pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN Majalengka Wetan VII. ICT-STMIK IKMI, 11 (1). http://stmikikmi.net/ejournal/ index.php/JICT/article/download/90/85(diakses 18 Oktober 2016).

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran Edisi I. Jakarta: Rajawali Pers.

Cambridge Communication Limited. (t.th.). Anatomi Fisiologi Kelenjar Endokrin dan Sistem Persarafan Edisi II. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Campbell, Neil A., Reece,Jane B., dan Mitchell,Lawrence G. (2004). Biologi Edisi V Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Danim, Sudarwan. (1994). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Isnaeni, Wiwi. (2006). Fisiologi Hewan. Yogyakarta: Kanisius.

Kusumawardhana, Massri M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Adobe Flash CS4 Profesional Berbentuk Game Pendidikan Ular Tangga Pintar untuk Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas XI SMKN 2 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi.Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Lowe, Norman K. (1988). Games and Toys in The Teaching of The Science and Technology. Paris: Division of Science Technical and Enviromental Education. http://www.unesco.org/education/pdf/325_41.pdf,(diakses 13 Oktober 2016).

Mustami, Khalifah. (2013)Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.

Sadiman, Arief S, et al. (2002). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Safei, Muh. (2011). Media Pembelajaran (Pengertian, Pengembangan dan Aplikasinya) Cet I; Makassar: Alauddin University Press.

Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Depublish.

Sardiman. (2003).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Sutarti, Tatik dan Edi Irawan. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Depublish.

Widoyoko, S Eko Putro. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pusat Pelajar.

Yulianto, Nanan. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016.Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2019-01-24
Abstract viewed = 508 times