Pengembangan Media Pembelajaran Tipografi berbasis Website pada Materi Kingdom Plantae
DOI:
https://doi.org/10.24252/asma.v7i2.58288Kata Kunci:
learning media, research and development, typography, websiteAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tipografi berbasis website pada materi Kingdom Plantae peserta didik kelas X MIA MAS Mursyidut Thullab Lembanna yang bersifat valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan melalui uji validitas, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA MAS Mursyidut Thullab Lembanna sebanyak 20 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran tipografi berbasis website yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yaitu 3,00 (Valid), tingkat kepraktisan berdasarkan penilaian respon peserta didik yaitu 3,60 (sangat praktis) dan respon pendidik yaitu 3,75 (sangat praktis). Tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran tipografi berbasis website mencapai 90% ketuntasan belajar (sangat efektif). Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian berupa media pembelajaran dan peneliti berharap peserta didik termotivasi belajar secara mandiri dan bagi guru dapat memudahkan menyalurkan materi yang diajarkan.
Unduhan
Referensi
Alamsyah, N., Adnan, & Palennari, M. (2025) The effect of different types of infographics on students’ learning motivation in learning biology. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 7(1), 116-124. https://doi.org/10.20527/bino.v7i1.21589.
Alamsyah, N., Taufiq, A. U., & Rivai, A. T. O. (2022). Development of website-based e-poster learning media on the digestive system material of class XI MA Madani Alauddin Pao-Pao students. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 351-359. https://doi.org/10.20527/bino.v4i3.14322
Amilia P., & Rudiana A. (2016). Pengembangan media permainan ular tangga pada materi senyawa hidrokarbon kelas XI SMA untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 336–344. https://doi.org/10.26740/ujced.v5n2.p%25p
Arifin, Z. (2009). Membangun kompetensi pedagogis guru matematika : landasan filosofi, histori, dan psikologi. Surabaya: Lentera Cendikia.
Arsyad, N. (2016). Model pembelajaran matematika yang menumbuhkan kemampuan metakognitif untuk menguasai bahan ajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Asep, K. (2018). Buku Metodologi-min.pdf (p. 401). http://repository.syekhnurjati.ac.id/3334/
Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Carina, R. (2019). Penggunaan huruf dekoratif dalam tipografi kinetis. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 4(1), 17–32. https://doi.org/10.25105/jdd.v4i1.4558
Damayanti, E., Alamsyah, N., & Taufiq, A. U. (2020). Penggunaan warna terhadap memori jangka pendek: pendekatan biopsikologi dalam pembelajaran. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 10(2) 99–112. http://dx.doi.org/10.24127/gdn.v10i2.2993
Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis multimedia pada materi segiempat. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14069
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Hamid, Abi, M., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaluddin, & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Hanafi, Y., Murtadho, N. M., Ikhsan, A., & Diyana, T. N. (2020). Reinforcing public university student’s worship education by developing and implementing mobile-learning management system in the ADDIE instructional design model. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(2), 215–241. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i02.11380
Hartanto, S. (2020). Mobalean maning (model pembelajaran berbasis lean manufacturing). Yogyakarta: Deepublish.
Hasan, M., Khasanah, B. A., Patriyani, R. E. H., Nahriana, Hidayati, H. T., Ridha, Z., Umami, R., Rahmatullah, Rahmah, N., Nurmitasari, Inanna, Masdiana, Mainuddin, Astuti, R., Harahap, T. K., & Mulati, T. S.. (2021). Pengambangan media pembelajaran. Penerbit Tahta Media. Retrieved from https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/24
Haviz, M. (2016). Research and development: penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna. Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan media pembelajaran komik matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934
Leacock, T. L., & Nesbit, J. C. (2007). A framework for evaluating the quality of multimedia learning resources- special issue on “quality research for learning, education, and training.” Journal of Educational Technology & Society, 10(2), 44–59. http://www.sfu.ca/~jcnesbit/articles/LeacockNesbit2007.pdf
Nafilah, Asyiah, I.N., & Fikri, K. (2017). Kajian etnobotani tanaman singkong yang berpotensi sebagai obat oleh masyarakat kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Fisika Undhiksha, 19(2), 43-54.
Nasution, N., Sari, P. R., & Sastra, S. (2021). Pengaruh warna terhadap short term memory pada anggota UKM creative minority. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2(2), 1-7. https://doi.org/10.29103/jpt.v2i2.3629
Noordyanto, N. (2017). Studi tipografi kawasan di Yogyakarta. DeKaVe, 9(1), 65–84. https://doi.org/10.24821/dkv.v9i1.1659
Nurfadhillah, S., Pertiwi, D., Pratiwi, D. I., Dewi, E. P., Saidah, M., & Nurhaliza, S. (2021). Pengembangan media poster dalam pembelajaran IPA kelas IVB SD Negeri Cikokol 3. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 313–322. 10.36088/bintang.v3i2.1357
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Prusdianto, P., Hamrin, & Faisal, F. (2019). Perancangan perangkat pembelajaran drama radio/ televisi berbasis cerita rakyat sulawesi selatan. Jurnal Imajinasi, 3(2), 1-14. https://doi.org/10.26858/i.v3i2.10390
Riduwan. (2003). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sanusi, U., & Suryadi, R.A. (2017). Ilmu pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A comparative study of the ADDIE instructional design model in distance education. Information (Switzerland), 13(9), 1–20. https://doi.org/10.3390/info13090402
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumadewa, I. N. Y., & Hasbullah, H. (2021). Transformasi pada corak kain songket sasak lombok sebagai tipografi identitas. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 23(2), 394-406. https://doi.org/10.26887/ekspresi.v23i2.1751
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Widiyoko, P.E. (2017). Evaluasi program pembelajaran: Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).