Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas B TK Nurfalah Tattakang kabupaten Gowa

Authors

  • Nurul Qolby Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Wahyuni Ismail Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Andi Maulana Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Munirah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • M. Yusuf T Prodi Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/asma.v5i2.42702

Keywords:

beginning reading skills, picture word cards

Abstract

This research aims to determine the effect of using picture word card media on the beginning reading abilities of class B students at Nurfalah Tattakang Kindergarten, Gowa Regency. This research is pre-experimental with a research design, namely one group pretest-posttest design. The population in this study were early childhood children aged 5-6 years, with a total of 15 people in Nurfalah Tattakang Kindergarten. The research sample involved Class B of Nurfalah Tattakang Kindergarten, Gowa Regency, which was selected through saturated sampling. This research uses instruments in the form of observation and documentation sheets. The data obtained was then analyzed using descriptive statistics. This research showed increased initial reading ability through picture word cards in class B students at Nurfalah Tattakang Kindergarten, Gowa Regency. Thus, picture word cartoon media can be used to improve students' initial reading skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., Musa, & Samsu. (2022). Meningkatkan pengenalan huruf vokal dan konsonan melalui metode bercerita menggunakan media kartu kata bergambar. Journal of Educational Research, 1(2), 237–252. https://doi.org/10.56436/jer.v1i2.104
Hajar, S. (2019). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada TK PGRI Jatisela. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 91-97. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.74
Handayani, I. N., & Dayati. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 7(2), 116–121. https://doi.org/https://doi.org/10.51529/ijiece.v7i2.391
Helvina, M., Noeng, A. Y., & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 379–386.
Ilham, M., & Desinatalia, R. (2022). Pemanfaatan media gambar animasi berbasis powerpoint untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 15(2), 100-114. https://doi.org/10.31332/atdbwv15i2.5350
Sari, L. K, Rizhardi, R., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca siswa kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1576–1581. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5509
Lalompoh, C. T. (2017). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan bagi anak usia dini. Jakarta: Grasindo
Mardani, P. S. (2022). Penggunaan media animasi bergambar dalam mengembangkan keterampilan membaca permulaan anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 63–75. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8778
Rahayu, S., Nurfaindah, Nuriva, Agustina, S. R., & Muliana. (2023). Penggunaan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(2), 11–18.
Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173–187. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245
Sinaga, D. A., Pasaribu, E., & Silalahi, M. V. (2022). Pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada tema 2 kegemaranku subtema 4 Kelas I Desy. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4157–4167. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.727
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini: teori dan praktik pembelajaran (Pertama). Jakarta: Kencana.
Utami, F., & Kowiyah. (2022). Pengaruh media video animasi terhadap kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329
Wulandari, E., Marlini, C., & Muzakir, U. (2020). Pengaruh penggunaan media video animasi dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1/A SD Negeri 32 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/76

Published

2023-11-28

How to Cite

Qolby, N., Ismail, W., Maulana, A., Munirah, & T, M. Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas B TK Nurfalah Tattakang kabupaten Gowa. Al Asma : Journal of Islamic Education, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.24252/asma.v5i2.42702

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.