Paradigma Sosial dalam Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.24252/beritasosial.v1i1.1141Abstract
Paradigma sosial merupakan kerangka berpikir dalam masyarakat yang menjelaskan bagaimana cara pandang terhadap fakta kehidupan sosial dan perlakuan terhadap ilmu atau teori yang ada. Paradigma ini juga menjelaskan bagaimana meneliti dan memahami suatu masalah, serta kriteria pengujian sebagai landasan untuk menjawab masalah. Secara umum, paradigma diklasifikasikan dalam 2 kelompok yaitu kuantitatif dan kualitatif. Masing-masing paradigma atau pendekatan ini mempunyai kelebihan dan juga kelemahan, sehingga untuk menentukan pendekatan atau paradigma yang akan digunakan dalam melakukan penelitian tergantung pada beberapa hal di antaranya: jika ingin melakukan suatu penelitian yang lebih rinci yang menekankan pada aspek detail yang kritis dan menggunakan cara studi kasus, maka pendekatan yang sebaiknya dipakai adalah paradigma kualitatif. Jika penelitian yang dilakukan untuk mendapat kesimpulan umum dan hasil penelitian didasarkan pada pengujian secara empiris, maka sebaiknya digunakan paradigma kuantitatif, dan jika penelitian ingin menjawab pertanyaan yang penerapannya luas dengan obyek penelitian yang banyak, maka paradigma kuantitaif yang lebih tepat, dan jika penelitian ingin menjawab pertanyaan yang mendalam dan detail khusus untuk satu obyek penelitian saja, maka pendekatan naturalis lebih baik digunakan.
References
[2] Adisasmito, Wiku, Ph.D. 2007. Sistem Kesehatan. Jakarta: RajaGrafindo Persada
[3] Gina Ford. 2007. Tata Cara Mengasuh Anak, Yogyakarta.: Think Raja Grafindo Persada
[4] Goode, William.J. 2002. Sosiologi Keluarga. Terjemahan Lailahanoum Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya, 2005 (Bandung : Remaja Rosdakarya
[5] Lihat M. Nasir Tamara & Elza Peldi Taher, 1996, Agama dan Dialog Antar Peradaban (Jakarta, Paramadina
[6] Syukriadi Sambas dan Acep Aripuddin, 2007, Dakwah Damai Pengantar Dakwah Antar Budaya, Bandung : Remaja Rosdakarya
[7] Harahap, Syahrin, 2011, Teologi Kerukunan Jakarta : Prenada Media Group
[8] Moh. Ali Aziz, 2004, Ilmu Dakwah,Jakarta : Prenada Media.