ANALISIS COLIFORM KUALITAS AIR GALON BERDASARKAN LAMA PENYIMPANANNYA DI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

  • Hasria Alang
    (ID)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pada bulan Desember 2013 yang bertujuan untuk mengetahui nilai MPN bakteri Coliform dan mendeteksi keberadaan Escherichia coli pada air galon yang telah disimpan beberapa hari serta mengetahui kualitas air galon yang digunakan masyarakat di Kecamatan Rappocini, Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kualitatif. Pengambilan Sampel air galon dilakukan setelah penyimpanan empat hari. Pengujian sampel meliputi empat tahapan yaitu melalui uji penduga menggunakan medium LB dan di lanjutkan ke uji penegasan menggunakan medium BGLB dan kemudian uji kesempurnaan menggunakan medium EMBA, dari uji kesempurnaan di lanjutkan ke uji pewarnaan gram. Hasil penelitian setelah uji penduga dan penegas memperlihatkan nilai MPN untuk kelurahan Buakana 1100/100 ml, Kelurahan Tidung 43/100 ml dan kelurahan Rappocini 11/100 ml. Setelah uji kesempurnan hanya kelurahan Tidung yang tidak ditemukan adanya E.coli yang mencemari air galon tersebut. Kualitas air galon pada kelurahan Rappocini dan Kelurahan Tidung sangat bagus karena pada kelurahan Rappocini dan Kelurahan Tidung termasuk dalam golongan kelas A sementara untuk kelurahan Buakana kualitasnya sangat jelek karena termasuk dalam golongan kelas D.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hasria Alang

Dosen Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, STKIP-PI Makassar

References

Anonim. 2014. Air Minum dalam Kemasan, Standar Nasional Indonesia, SNI 01-3553-2006, Badan Standar Nasional.

Departemen Kesehatan RI, 2011, Profil Kesehatan Indonesia 2010. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Keputusan RI. No.907/Menkes/SK/VII/2002 tentang Syarat-syarat danPengawasan Kualitas Air Minum. Departemen Kesehatan RI.

Pitoyo, S dan P Purwantoyo. 2003. Deteksi Pencemaran Air Minum, Aneka Ilmu Semarang.

Suriawiria, U, 2008. Mikrobiologi Air dan Dasar-dasar Pengolahan Buangan Secara Biologis. Bandung :Penerbit Alumni.

Waluyo, L. 2007. Mikrobiologi Umum. Penerbit Universitas Muhammadiyah. Malang.

Widyastuty Palupi, F. Solekhah Belawati,dan M. Ester. 2011. Pedoman Mutu Air Minum. Jakarta: Penerbit EGC.

Published
2014-12-01
How to Cite
Alang, H. (2014). ANALISIS COLIFORM KUALITAS AIR GALON BERDASARKAN LAMA PENYIMPANANNYA DI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR. Jurnal Biotek, 1(1), 43-50. https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1689
Section
Articles
Abstract viewed = 2006 times