Konsep Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

  • Amiruddin Kadir
    (ID)

Abstract

Produksi adalah kegiatan yang menimbulkan manfaat atau faedah serta nilai suatu barang dan jasa. Dalam konteks yang lain produksi sebagai usaha untuk menciptakan kekayaan dengan memanfaatkan sumber daya alam oleh manusia. Oleh karena itu Islam memandang bahwa produksi adalah usaha untuk menghasilkan dan mengupayakan sesuatu dalam nuansa kelangsungan hidup manusia di dunia. Nilai universal yang terpancar dalam ekonomi Islam tentang produksi adalah adanya perintah untuk mencari sumber-sumber yang halal dan baik untuk produksi, dan memproduksi serta memanfaatkan output produksi pada jalan kebaikan dan tidak menzalimi pihak lain. Dengan demikian, penentuan input dan output dari produksi haruslah sesuai dengan hukum Islam dan tidak mengarah pada kerusakan. Sesungguhnya segala bentuk produksi, di mana harta kekayaan diperoleh dengan jalan yang salah dan tidak adil diharamkan dalam Islam. Hanya cara-cara yang wajar dan jujur saja yang diperbolehkan. Segala bentuk penawaran tidaklah sah jika di dalam keuntungan seseorang bergantung pada kerugian orang lain, seperti perjudian,lotere.Ringkasnya sistem produksi dalam Islam, harus dikendalikan olehkriteria objektif maupun subjektif. Dalam pengambilan manfaat alam tersebut, hendaklah diperhatikan norma-norma atau etika dan hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh syariat.Produksi dalam arti sederhana bukanlah sesuatu yang dicetuskan oleh kaum kapitalis. Produksi telah terjadi semenjak manusia bergelut dengan bumi, karena ia merupakan suatu hal yang primer dalam kehidupan. jika jumlah yang diproduksi tidak mencukupi kebutuhan masyarakat, maka semua akan diminta pertanggungjawabnya di akhirat. Dalam hal ini pada prinsipnya, negara harus bertanggung jawab dalam menjamin kebutuhan masyarakat terhadap barang-barang kebutuhan pokok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afzalurrahman. 1997.Muhammad Sebagai Seorang Pedagang. Yayasan Swarna Bhumy: Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1989.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Bakai Pustaka: Jakarta.

Karnaen, A. Perwaatmadja. Membumikan Ekonomi Islam di Indonesia, Cet. 1. Usaha Kami: Jakarta.

Khaf, Monzer. 2000. The Islamic Economy, diterjemahkan oleh Husein Machnun dengan judul Ekonomi Islam Telaah Analitik terhadap Fungsi Ekonomi Islam. Aditya Media: Yogyakarta.

Karim,Adiwarman Azwar.Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Mannan,M. Abduh. 1995.Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Dana Bhakti: Yogyakarta.

Mannan, Muhammad Abdul.Teori Dan Praktik Ekonomi Islam diterjemahkan oleh Drs. M. Nastaginn.Dana Bhakti Wakaf.

Nasution, Mustafa Edwin dkk. 2010.Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam Cetakan Ketiga. Kencana Predana Media Group.

Qardhawi,Yusuf. 1997.Darul Qiyam wal Akhlak fil Iglishadi Iaslami, diterjemahkan oleh Zainal Arifin dengan Judul Norma dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insani Press: Jakarta.

Published
2014-08-18
How to Cite
Kadir, A. (2014). Konsep Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. EcceS: Economics Social and Development Studies, 1(1). https://doi.org/10.24252/ecc.v1i1.1179
Section
Volume 7 Nomor 1, Juni 2014
Abstract viewed = 8119 times