Valuasi Ekonomi Taman Purbakala Batu Pake Gojeng Melalui Pendekatan Travel Cost Method

  • Trismawati Trismawati
  • Abdul Wahab
  • Wahidah Abdullah

Abstract

Jumlah pengunjung objek wisata Taman Purbakala Batu Pake Gojeng mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir. Namun, dibalik peningkatan tersebut, tidak diketahui seberapa besar jumlah permintaan dan nilai ekonomi yang didapatkan konsumen atas permintaan konsumen tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya perjalanan, pendapatan, umur, tingkat pendidikan, waktu kerja dan pengalaman pengunjung mempengaruhi jumlah permintaan serta mengetahui nilai ekonomi yang diperoleh pengunjung Objek Wisata Taman Purbakala Batu Pake Gojeng dengan menggunakan pendekatan biaya perjalanan (Travel Cost Method). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan pendekatan Ordinary Least Square dan surplus konsumen, untuk menghitung nilai total ekonomi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan tiga variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah permintaan natara lain biaya perjalanan, pendapatan, dan pengalaman berkunjung. Umur, pendidikan dan waktu kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah permintaan. Surplus yang dicapai konsumen sebesar Rp 99.503,96 per individu per satu kali kunjungan menunjukkan bahwa keuntungan yang diperoleh konsumen masih jauh diatas harga pengeluaran rata-rata yakni sebesar Rp. 42.713,13 per satu kali kunjungan. Nilai total ekonomi, diperoleh dari nilai surplus konsumen per individu per tahun dikalikan dengan jumlah pengunjung tahun 2017. Hasilnya, diperoleh nilai total ekonomi Objek Wisata Taman Purbakala Batu Pake Gojeng sebesar Rp. 1.950.022.176. Dengan demikian, objek wisata ini memiliki prospek yang sangat besar, dan penting didorong pemerintah sehingga dapat menjadi sumber pertumbuhan baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekwarso, Hendro. Aqualdo, Nobel dan Sutrisno. 2010.Nilai Ekonomi Lingkungan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Objek Wisata Air Panas Pawan di Kabupaten Rokan Hulu: Pendekatan Biaya Perjalanan. Jurnal Ekonomi. Riau.

Igunawati, Diana. 2010. Analisis Permintaan Objek Wisata Tirta Waduk Cacaban Kabupaten

Tegal”, Skripsi Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Mankiw, G. 2007. Makroekonomi. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga

Nicholson, W, 1995. Mikroekonomi Intermediate dan Aplikasinya. Terjemahan dari

Intermediate Microeconomics. oleh Agus Maulana. Bina Rupa Aksara. Jakarta.

Perman, R., Yue Ma, and J. McGilvray .1996. Natural Resourses and Environmental

Economics, Longman, Singapore.

Salma, Irma Afia dan Susilowati, Indah. 2004.Analisis Permintaan Objek Wisata Alam Curug

Sewu Kabupaten Kendal dengan Pendekatan Travel Cost, Jurnal Ekonomi.

Kendal.

Published
2018-12-20
How to Cite
Trismawati, T., Wahab, A., & Abdullah, W. (2018). Valuasi Ekonomi Taman Purbakala Batu Pake Gojeng Melalui Pendekatan Travel Cost Method. EcceS: Economics Social and Development Studies, 5(2), 41-56. https://doi.org/10.24252/ecc.v5i2.7078
Section
Volume 5 Nomor 2, Desember 2018
Abstract viewed = 391 times