PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN KINERJA GURU DI SMP AL KHER BEJI

  • Muhammad Rafly Syahlan Nizammuddin Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
    (ID)
  • Mufarrihul Hazin Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
    (ID)
  • Mochamad Nursalim Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
    (ID)
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Disiplin Kinerja Guru, Pesantren, Sekolah Formal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap disiplin kinerja guru di SMP Al Kher Beji.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 14 responden yang terdiri dari guru tetap, guru tidak tetap, dan kepala sekolah. Variabel yang diteliti meliputi kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan disiplin kinerja guru. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20, meliputi uji validitas, reliabilitas, korelasi Pearson, dan regresi berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap disiplin kinerja guru dengan dimensi-dimensi seperti stimulasi intelektual, motivasi inspiratif, pertimbangan individual, dan pengaruh ideal. Selain itu, budaya organisasi berbasis nilai-nilai pesantren seperti amanah, ihsan, dan ta’awun juga berperan penting dalam membangun kedisiplinan guru. Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara simultan memengaruhi disiplin kinerja guru dengan koefisien determinasi 𝑅2 sebesar 65%, yang berarti 65% variasi disiplin kerja guru dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara signifikan memengaruhi peningkatan disiplin kinerja guru. Kombinasi antara kepemimpinan yang efektif dan penerapan budaya organisasi yang kuat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, meningkatkan tanggung jawab, dan kedisiplinan guru.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SDN 12 Palu. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan (JIMPE), 1(1), 11–19. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/jimpi/index UIN

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Pengaruh Kinerja Karyawan Didalam Budaya Organisasi. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019

Harahap, R. R., Lapisa, R., Milana, M., & Sari, D. Y. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 226–231. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.537

Insan, A. N. (2019). Kepemimpinan Transformasional ( Suatu Kajian Empiris di Perusahaan) (1st ed.). Alfabeta.

Mulianingsih, S. (2020). Pengaruh Strategi Manajemen Perubahan Dan Kepemimpinan Transformasional Dalam Merubah Budaya Organisasi. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 3(3), 42–52. https://doi.org/10.54783/japp.v3i3.314

Rahman, M. (2022). Strategi Perubahan Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Personal. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 10(1), 11. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v10i1.6943

Sugianto, E. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Tsaqofah, 4(5), 3415–3421. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i5.3291

Yunus, A. A. S. P., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3625–3635. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1419

Diterbitkan
2025-02-03
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1 times