Analisis Pengaruh Belanja Pendidikan, PDRB Per Kapita, Jumlah Sekolah dan Jumlah Guru Terhadap Angka Partisipasi Jenjang Pendidikan Dasar di Provinsi Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.24252/icor.v6i01.60225Abstrak
Pendidikan mempunyai peranan yang krusial dalam pembangunan suatu bangsa, karena karakter, kemampuan, dan kecerdasan suatu bangsa di masa depan akan sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang ada saat ini. APK yang merupakan salah satu tolak ukur capaian pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan terus mengalami penurunan selama selama lima tahun terakhir. Kondisi tersebut, melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh realisasi anggaran fungsi pendidikan per siswa, PDRB per kapita, jumlah sekolah dan jumlah guru terhadap APK jenjang Sekolah Dasar (SD) sederajat di Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengolahan data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program eviews 12. Model ini menunjukkan seberapa besar pengaruh yang terjadi antara variabel independent dan variabel dependent dengan pendekatan OLS (Ordinary Least Square). Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersifat data time series dalam kurun waktu 2003-2022 yang didapatkan dari laporan yang telah dipublikasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realisasi anggaran fungsi pendidikan per siswa, PDRB per kapita, dan jumlah guru tidak berpengaruh signifikan terhadap APK jenjang Sekolah Dasar (SD) sederajat di Provinsi Sulawesi Selatan. Sementara itu, jumlah sekolah berpengaruh signifikan namun hubungannya bersifat negatif terhadap APK jenjang Sekolah Dasar (SD) sederajat di Provinsi Sulawesi Selatan.
Kata Kunci: Angka Partispasi Kasar (APK), Realisasi Anggaran Fungsi Pendidikan per Siswa, PDRB per Kapita, Jumlah Sekolah, dan Jumlah Guru.