PROBLEM DEPRESI LANSIA DAN SOLUSI DENGAN TERAPI SPRITUAL ( Literature review: Problem Depression of erderly and the solution with spiritual therapy)

  • Nur Ilmi
  • Eny Sutria
  • patima patima

Abstract

Pendahuluan : Pada lanjut usia permasalahan yang menarik adalah kurangnya kemampuan dalam beradaptasi secara psikologis terhadap perubahan yang terjadi pada dirinya. Dikarenakan perubahan fisik maupun psikologis dari lansia banyak dari mereka menggalami depresi , dimana seharusnya lansia mendapat kualitas hidup yang baik dimasa tuanya, hal tersebut dapat diwujudkan dengan melihat masalah depresi lansia secara mendalam dan memberikan solusi penangannanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seluruh masalah yang terjadi sehubungan dengan geriatri dan problem depresi. Metode : Penelitian ini dilaksanakan di Panti Sosial Tresna Werdha Gau Mabaji Gowa pada tanggal 03 sampai 09 Desember 2017 dengan Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah literature review. Pencarian dilakukan antara lain pada database Sience Direct, dan Google Scholar yang dipublikasikan dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2017. Kata kunci yang digunakan dalam literature review ini yaitu Depresi, Lansia, Terapi spiritual, Spiritual, Keperawatan.Hasil : Intervensi keperawatan dengan terapi spiritual dapat dijadikan sebagai intervensi yang mendukung untuk menurunkan tingkat depresi pada lansia. Pembahasan : Seluruh intervensi yang diterapkan untuk mengurangi tingkat depresi lansia dari kelima literature yang ditelaah semuanya menunjukkan hasil yang sama dan mendukung terhadap penurunan tingkat depresi lansia, yaitu dengan terapi spiritual dengan aspek pendekatan agama sebagai landasan intervensinya dalam penerapannya. Perawat dapat melakukan asuhan keperawatan spiritualitas atau religiusitas pada lansia yang dapat membantu mempertahankan serta memperbesar semangat hidup klien lansia termasuk kesehatan mental depresi. Kesimpulan: Kondisi spiritual lansia harus dikaji secara mendalam untukbmengetahui permasalahan yang sebenarnya, termasuk faktor penyebab permasalahan lansia mengingat tingkat permasalahan lansia beraneka ragam sehingga mudah untuk memberikan penanganan, termasuk pemberian Terapi Spiritual dapat menurunkan tingkat depresi lansia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani, Mei. 2016. Upaya Penanganan Problem Psikospiritual Lansia Di Balai Pelayanan Sosial Cepiring Kendal Perspektif Bimbingan Penyuluhan Islam. Skripsi . Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Rahmat, Jalaluddin. 2003. Psikologi Agama Sebuah Pengantar, Bandung: PT Mizan Pustaka.

Saeseno & Siti Arifah. 2014. Efektivitas Terapi Psikoreligius Terhadap Penurunan Tingkat Depresi Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Abiyoso Sleman Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Jiwa. Poltekkes Kemenkes Semarang.

Etika, Arif Nurma, dkk. Perbedaan Efektifitas Terapi Seft (Spiritual Emosional Freedom Technique) Dan Terapi Musik Keroncong Terhadap Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia. Jurnal Keperawatan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri.

Kurnianto, Syaifuddin. 2011. Penurunan Tingkat Depresi Pada Lansia Dengan Pendekatan Bimbingan Spiritual. Jurnal Keperawatan. Akper Lumajang.

Ilmi, A. A. (2017). Intervensi ILMI-SpaRe Dalam Menurunkan Status Depresi pada Kelompok Lansia. Jurnal Kesehatan, 1(2), 1-9.

Safriana, N., & Khairani, K. (2017). Hubungan Religiusitas Dengan Depresi Pada Lansia Di Panti Werdha Di Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(4).

Published
2018-07-28
How to Cite
Ilmi, N., Sutria, E., & patima, patima. (2018). PROBLEM DEPRESI LANSIA DAN SOLUSI DENGAN TERAPI SPRITUAL ( Literature review: Problem Depression of erderly and the solution with spiritual therapy). Journal of Islamic Nursing, 3(1), 32-39. https://doi.org/10.24252/join.v3i1.5473
Abstract viewed = 5728 times