Peran Pendidikan Non Formal dalam Pembinaan Akhlak Remaja
Abstract
Pendidikan non formal memiliki peran penting dalam pembinaan akhlak remaja. Berbeda dengan pendidikan formal yang berlangsung dalam lingkungan sekolah yang terstruktur, pendidikan non formal mencakup berbagai pengalaman belajar terorganisir yang terjadi di luar sistem pendidikan formal, seperti program berbasis komunitas, pendidikan agama, klub olahraga, program seni, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Penelitian ini membahas bagaimana pendidikan non formal dalam bentuk Tarbiyah Islamiyah melengkapi pendidikan formal dengan memberikan peluang tambahan bagi remaja untuk mengembangkan karakter dan moral mereka. Tarbiyah Islamiyah menekankan pada perkembangan pribadi dan sosial, menawarkan pendekatan yang lebih holistik terhadap pendidikan. Program-program pendidikan non formal ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai dan etika, melalui pembelajaran praktis dan langsung yang memungkinkan remaja menerapkan prinsip-prinsip moral dalam situasi nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan non formal dalam bentuk Tarbiyah Islamiyah memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembinaan akhlak remaja. Program-program Tarbiyah Islamiyah memfasilitasi penerapan nilai-nilai dan etika dalam kehidupan sehari-hari melalui pengalaman praktis, menyediakan lingkungan yang aman dan mendukung di mana remaja merasa dihargai dan didukung, meningkatkan keterampilan sosial dan moral melalui interaksi dengan mentor dan role model, dan memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas bagi remaja yang mungkin tidak berkembang dalam sistem pendidikan formal.
References
Abdullah, W. 2007. Pendidikan Nonformal dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
A. Maulida. 2017. “Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat” kasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 4, 2017.
Amin, Ahmad. 1975. Etika (Ilmu Akhlak), Jakarta: Bulan Bintang.
Ananda, R. 2010. Keaksaraan Fungsional: Suatu Pendekatan dalam Pendidikan Non Formal. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. 2004. Research-based Character Education. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science.
Dacholfany, M Ihsan. "Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Non-Formal: Studi Kasus di PKBM Al-Suraya Kota Metro - Lampung". Jurnal Edukasi Pendidikan Islam.
Damanhuri. 2012. Kawasan Studi Akhlak. Banda Aceh: Arraniry Press.
Firdaus, Said. 2015. Pendidikan Akhlak Mulia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Joesoef, Soelaeman. 1992. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta; Grasindo.
Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. USA; Bantam Books.
Masnur, Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mujib, Abdul. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Muhyidin, Muhammad. 2008. Mengajar Anak Berakhlak Al-Quran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.
Narvaez, D., & Lapsley, D. K. (2009). Personality, Identity, and Character: Explorations in Moral Psychology. Cambridge; Cambridge University Press.
Rumini, Sundari S. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka.
Smith, A. B. 2018. "Brain Development in Adolescents: Implications for Behavior." Journal of Developmental Psychology, vol. 55, no. 4.
Sudiapermana, E. 2005. Pendidikan Seni dan Budaya dalam Konteks Pendidikan Non Formal. Bandung: UPI Press.
Sudjana, D. 2004. Pendidikan Luar Sekolah: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat, Teori Pendukung, Asas. Bandung: Nusantara Press.
Suparman, A. 2003. Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanti, Sani. 2014. Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal Dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Handayani.
Suyadi. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengembangan Praktik Pelaksanaan PAIKEM. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Suyanto, S. 2006. Pendidikan Alternatif: Tantangan dan Peluang. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
UNESCO. 2005. Education for All Global Monitoring Report. Paris: UNESCO Publishing. (hal. 128-130)
Y. Abdullah. 2007. Study Akhlak dalam Perspektif Al-Quran. Jakarta: Sinar Grafika Offset.