Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Keagamaan Pada Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Lemoa Desa Bontolempangang Kecamatan Bontolempangang Kabupaten Gowa

  • Muhammad Yahdi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Zulrihlatul Muaqqaf UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Implementasi, Keagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bentuk nilai-nilai pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Lemoa 2) Mendeskripsikan pengimplementasian nilai-nilai pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Lemoa 3) Menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengimplementasian nilai-nilai pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Lemoa.

Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Lemoa. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, pembina kegiatan keagamaan, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verifications). Keabsahan data dilakukan dengan kepercayaan (kreadiblity) dan keteraliahan (transferability).

Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa: 1) Terimplementasinya nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan keagamaan peserta didik dengan adanya kegiatan harian membaca al-Qur’an, shalat dhuha, berdoa sebelum dan sesudah belajar, dan shalat duhur secara berjamaah. 2) Kegiatan keagamaan tersebut juga dapat menghindarkan peserta didik melakukan kegiatan-kegiatan negative atau kurang bermanfaat, karena hampir seluruh waktu mereka habis digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang baik. 3) Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai pendidikan islam terhadap kegiatan peserta didik antara lain motivasi untuk mendukung minat dan prestasi belajar, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, sikap terhadap guru dan teman pergaulan.

Adapun implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan agar pihak madrasah khususnya pembina kegiatan keagamaan untuk senantiasa memberikan bimbingan, motivasi, dan pengawasan kepada peserta didik sehingga peserta didik lebih giat lagi dalam mengambil peran dan kontribusi dalam kegiatan keagamaan.

 

References

Abduurahman An-Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, tth
Abidin, Ibnu Rusn. 1998. Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan, Pustaka Pelajar : Yogyakarta
Beni Akhmad Saebani, Metode Penelitian Bandung: Pustaka Setia 2008
Daradjat Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Bumi Aksara Cet. IV, 2006
Daulay, Putra Haidar, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Prenada Media, Group, 2004
Departemen Agama Republik Indonesia Jakarta, Basic Kompetensi Guru,2004
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi IV.Cet. I; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
Fuad Ihsan, Dasar-Dasar Kependidikan Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Lina Hadiawati, Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Melakasanakan Ibadah Sholat. Jurnal, 2008
Umar Tirtarahardja, “Pengantar Pendidikan”,Jakarta: Rineka Cipta, 2012
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, (Sistem Pendidikan Nasional), Surabaya : Media Centre, 2005
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007
Zaim Elmubarok,Membumikan Pendidikan Nilai: “Mengupulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus dan Menyatukan Yang Tercerai” Bandung: Alfabeta, 2013
Published
2025-01-27
Abstract viewed = 10 times