Kegiatan Kelompok Kerja Guru Melalui Kurikulum Merdeka dalam Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Ibtidayah
Keywords:
Kelompok Kerja, Kurikulum Merdeka, Peningkatan, Kompetensi, dan Guru MIAbstract
Kegiatan Kelompok Kerja Guru merupakan suatu wadah dalam pembinaan kemampuan profesional guru khususnnya pada madrasah Ibtidayah, pelatihan, dan tukar menukar informasi dalam suatu mata pelajaran tertentu sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kurikulum merdeka. Guru madrasah harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan kepemimpinan yang merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai guru dalam menjalankan tanggung jawab keprofesionalan. Seorang guru sepatutnya memiliki kemampuan menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program pendidikan, mata pelajaran, dan kelompok mata pelajaran yang diampunya. Kompetensi guru merupakan kombinasi kompleks dari pengetahuan, sikap, keterampilan, dan nilai-nilai yang ditunjukkan oleh guru dalam konteks kinerja tugas yang diberikan kepadanya.
References
Armas dan H. A. Marjuni, "Peningkatan Kompetensi Pedagogik dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik pada Guru MA DDI Citta Kabupaten Soppeng", JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan, vol. 12 no. 2 (2023), h. 832-833. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ Inspiratif-Pendidikan/article/view/46868 (Diakses 21 Juni 2024).
Arsyad dan Wahyu Bagja Sulfemi, "Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah", JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), vol. 4 no. 2 (September 2019), h. 54. https://journal. stkipsingkawang.ac.id/index.php/ JPDI/article/view/1522 (Diakses 10 Juli 2023).
Cindi Arjihan Desita Putri, dkk., “Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka”, PTK: Jurnal Tindakan Kelas, vol. 3 no. 1 (2022), h. 20. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/104/72 (Diakses 12 Juli 2023).
Cindi Arjihan Desita Putri, dkk., “Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka”, h. 20.
Daryanto, Standar Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional (Yogyakarta: Gava Media, 2013), h. 157.
Didi Pianda, Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, h. 32.
Enco Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), h. 37.
Enco Mulyasa, Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2021), h. 155.
Hamid Darmadi, Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan Dan Konsep Implementasi, Cet.II (Bandung: Alfabeta, 2010), h. 15.
Iwan Rijal Winata, Efektivitas Kelompok Kerja Guru: Aktualisasi Keilmuan Melalui KKG (Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2020),
Kasnowo dan M. Syamsul Hidayat, “Penguatan Kompetensi SDM Guru melalui Kurikulum Merdeka di SDN Jatirejoyoso”, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, vol. 1 no. 3 (Juni 2022), h. 33-34. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/jppmi/article/view/251 (Diakses 12 Juli 2023)
Kementerian Agama, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah, bab I, pasal 1.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Satuan Pendidikan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, 2022),
Mailin, “Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi”, Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (APIC), vol. 4 no. 1 (2021), h. 68. https://apicbdkmedan. kemenag.go.id/index.php/apic/article/view/59/12 (Diakses 10 Juli 2023).
Ni Made Irma Wulandari dan I Made Sutajaya, “Implementasi Nilai Palemahan dalam Ajaran Tri Hita Karana terhadap Hasil Project Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Ubud”, Education, vol. 2 no. 3 (November 2022), h. 7. https://journal.stiestekom.ac.id/index.php/ Education/article/view/217/193 (Diakses 12 Juli 2023).
Ratna Julia, Peran KGG Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Yogyakarta: Pustaka Felika, 2010), h. 3.
Republik Indonesia, ndang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bab I, pasal 1.
Rofa’ah, Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam, h. 30.
Santosa, “Fenomena Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pemanfaatan Digitalisasi di Era 5.0”, Jurnal Ekonomi Teknologi & Bisnis ( JETBIS ), vol. 1 no. 2 (Oktober 2022), h. 89. https://jetbis.al-makkipublisher.com/index.php/al/article/view/12/41 (Diakses 12 Juli 2023).
Sudarwan Danim dan Khairil, Profesi Kependidikan, Cet.IV (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 42-43.
Wiji Hidayati, Pengembangan Kurikulum (Yogyakarta: Pedagogia, 2012), h. 12.
Wina Sanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Cet. VI; Jakarta: Kencana, 2015), h. 277.