Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Cempa Pinrang

Authors

  • Ahmad Fausan UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Yahdi UIN Alauddin Makassar
  • Abudzar Al Qifari UIN Alauddin Makassar

Keywords:

Lingkungan sekolah, Motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Cempa Pinrang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat expost facto dengan desain penelitian paradigma sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cempa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Cempa yang berjumlah 113 peserta didik. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 peserta didik dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampel proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala lingkungan sekolah dan skala motivasi belajar, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis infrensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh hasil penelitian lingkungan sekolah di SMP Negeri 1 Cempa berada pada kategori sedang, yaitu 55,17%, sedangkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Cempa berada pada kategori rendah, yaitu 51,72%. Dari hasil perhitungan diperoleh (thitung) = 3,787 sementara (ttabel) = 1,703 untuk taraf signifikansi 0,05%. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan h1 diterima. Artinya ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Cempa.

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Darmawati, Joenita, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar ekonomi Peserta didik SMA Negeri di Kota Tuban” Jurnal Ekonomi Pendidikan dan kewirausahaan Vol. 1, No. 1 (2013).

Fadjar, A. Malik, Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Handoko, Hani. Manajemen. Cet. XXVII; Yogyakarta: BPFE, 2015.

Hasan, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Hidayat, Rahmat dan Abdillah. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya, Medan: LPPI, 2019.

Idris, Saifullah. Internalisasi Nilai dalam Pendidikan, Yogyakarta: Darussalam Publishing, 2017.

Jamal, Misbahuddin. “Konsep Al-Islam dalam Al-Qur’an”, Jurnal Al-Ulum, Vol. 11. No. 2, (2011).

Jeanne Ellis Ormrod, Educational Psychology Developing Learners. Pearson Merrill Pretince Hall, 2008.

Kementerian Agama RI, ALQur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Almahira, 2015.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’anulkarim : Al-Qur’an Hafalan Perkata, Jakarta : Al-Qosbah, 2020.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’anulkarim : Al-Qur’an Hafalan Perkata, Jakarta : Al-Qosbah, 2020.

Kurniyawan, Firman Adhi. “Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Agama Universitas Islam Indonesia, 2021.

Machmud, Hadi. “Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membentuk Kepribadian Anak”. Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 7. No. 2 (2014).

Maharani, Laila. “Perkembangan Moral Pada Anak”. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 1, No. 2, (2014).

Mulyadi. Implementasi kebijakan, Jakarta: Balai Pustaka, 2015.

Nugroho, Bekti Taufik Ari dan Mustaidah “Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PNPM Mandiri”. Jurnal Penelitian, Vol. 11, No. 1, (2017).

Nurhabibah. ”Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Dalam Keluarga di Lingkungan Lokalisasi Pasar Kembang Yogyakarta”, Tadris, Vol. 13 No. 2, (2018).

Parasnia, Ayu. “ Penanaman Nilai-nilai Agama dalam Pendidikan Model Full-Day School di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto”. Skripsi. IAIN Purwokerto, 2018.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2012.

Ramdani, Zulmi, Silmi Amrullah dan Felisima Tae, Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan Yang berkualitas, Mediapsi 5.1, 201

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : 2006.

Retnawati, Heri. “Teknik Pengambilan Sampel”, FMIPA Pend. Matematika, Yogyakarta, 2017.

Riyanto, Agus. Statistik Deskriptif untuk Kesehatan, Cet. I; Yogyakarta: Nuha Medika, 2013.

Saat, Sulaiman dan Sitti Mania. Pengantar Metodologi Penelitian, Gowa : Pusaka Almaida, 2019.

Saat, Sulaiman dan Sitti Mania. Pengantar Metodologi Penelitian, Gowa : Pusaka Almaida, 2019.

Setiawan, Guntur. Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan, Jakarta: Balai Pustaka, 2004.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Cet. XIII; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. XXIII; Bandung: Alfabeta, 2016.

Sugiyono. Statistik Penelitian, Cet. X; Bandung: Alfabeta, 2006.

Supangat, Andi. Statistika dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Nonparametrik,

Uno, Hamzah B, Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Welven Aida, Sri Yunawati, Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar, Jurnal Pendidikan Edu Research, Volume 07 Nomor 02 Desember, (Pasir Pengaraian: Program Studi Pendidikan IPS, 2018).

Downloads

Published

2025-07-24