Pengaruh Manajemen Kesiswaan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di MTs Al-Murahamah Banyorang Bantaeng
Keywords:
Manajemen Kesiswaan, Prestasi BelajarAbstract
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Manajemen Kesiswaan yang ada di Mts Al-Murahamah Banyorang Bantaeng?2). Bagaimana Prestasi Belajar yang ada di MTs Al-Murahamah Banyorang Bantaeng? 3). Apakah ada pengaruh antara manajemen kesiswaan dengan prestasi belajar yang ada di MTs Al-Murahamah Banyorang Bantaeng?Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan manajemen kesiswaan kelas IX di MTs Al-Murahamah Banyorang Bantaeng. 2) Mendeskripsikan prestasi belajar kelas IX di MTs Al-Murahamah Banyorang Bantaeng. 3) Untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara penerapan manajemen kesiswaan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IX di MTs Al-Murahamah Banyorang Bantaeng.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian asosiatif kausal untuk mengetahui pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar. Menggunakan metode sampling jenuh. Populasi dan sampel meliputi siswa kelas IX yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS statistic
26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) manajemen kesiswaan kelas IX di MTs Al- Murahamah Banyorang Bantaeng dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar (53,33%). 2) Prestasi belajar kelas IX di MTs Al-Murahamah Banyorang Bantaeng dalam kategori tinggi dengan persentase sebanyak (46,67%). 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kesiswaan dengan prestasi belajar kelas IX di MTs Al- Murahamah Banyorang Bantaeng dengan hasil yang diperoleh nilai sig X sebesar 0,019 kurang dari 0,05. Diperoleh juga nilai t hitung sebesar 2,689 lebih besar dari t tabel 2,048, sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen kesiswaan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar.
References
Bahri Djamarah, Syaiful, ‘Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif’, Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Candra Wijaya, “ Manajemen Pendidikan Islam,” ( Medan: LPPPI) 2017 h.65.
Fina Minnatul Adhimah, "Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestas Belajar di SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2022/2023," 2023.
Gunawan, Ary H, ‘Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro’, 2011
HM, Muh. Anwar, Manajemen Lembaga Pendidikan, ed. by Asrul Muslimin, 1st edn (Samata Gowa: Alauddin University Pres, 2020)
Hakim, Muhammad Nur, ‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan’, Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.2 (2016), 104–14
Musdalifah, “Penerapan Analisis Swot Dalam Manajemen Peserta Didik dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 7 Makassar ” 2014.
Mirwan, and Muammar Asykur, ‘Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik’, Jurnal Al-Qiyam, 3.2 (2022), 188–95
Pradyana Beni Putu, Pembelajaran Berbasis Masalah dapat Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasa (Bali: Surya Dewata, 2019), 22.Patimah, “Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap disiplin Belajar Peserta Didik di MtsN 1 Barito Kuala”. 2021.
Qomaruddin, ‘Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Siswa’, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20.1 (2022), 75–98
Rohma Hidayat, "Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X di MAN 2 Ponerogo Tahun Pelajaran 2018/2019." 2019.
Taqwa, Taqwa, ‘Pendekatan Manajemen Peserta Didik’, Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1.1 (2016), 48–55 <https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.428>
Usman, Jamiludin, and others, ‘Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah’, TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11.2 (2016), 219–46
Yuliana Agusti, " Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Negeri 02 Kepahiang,” 2018.