Development of A Modern Physics Practical Guide to Calculate the Wavelength of a He-Ne Laser With a Diffraction Graining
Keywords:
Penuntun Praktikum, Laser He-Ne, Kisi Difraksi, Fisika ModernAbstract
Pembelajaran fisika modern adalah lanjutan dari pembelajaran fisika dasar. Pembelajaran fisika ideal nya adalah pembelajaran yang berbasis praktikum. Namun pada mata kuliah fisika modern ini belum pernah terjadi praktikum dikarenakan tidak adanya panduan untuk melakukan praktikum khusus nya pada materi difraksi untuk menghitung panjang gelombang laser He-Ne dengan kisi difraksi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa yang kesulitan dalam memahami materi difraksi kisi untuk menghitung panjang gelombang laser He-Ne pada mata kuliah fisika modern, untuk mengetahui kelayakan penuntun praktikum fisika modern sebagai pembelajaran tambahan untuk membantu mahasiswa dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D). model 4D yang dikembangkam oleh Thiagarajan (1974). Model 4D terdiri atas 4 tahap yaitu define, design,develop, dan dessiminate. Hasil penelitian ini menunjukkan penuntun praktikum berada dalam kategori sangat layak dengan presentase kelayakan untuk media sebesar 91,7% dan materi sebesar 85%. Untuk respon mahasiswa terhadap penuntun praktikum berada pada kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika modern dengan presentase 78,83% dan rata-rata 3,15.
References
Amanda, F. D., Purwaningssih, S., & Dani, R. (2022). Pengembangan Media Virtual Laboratory Menggunakan Adobe Flash CS5.5 pada Materi Difraksi Laser. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 10(1), 123–140.
Astrida, D. N., & Arifudin, D. (2022). Pengenalan dan Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 5(1), 65–72.
Halim. (2011). FISIKA MODERN I (Khalil (ed.)).
Hastika, D. W., Daningsih, E., & Marlina, R. (2019). Kelayakan penuntun praktikum submateri struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan tambahan metode replika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8, 1–8.
Hendriyani, W., Hasnunidah, N., & Yolida, B. (2020). Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Sistem Peredaran Darah Manusia dengan Model Argument-Driven Inquiry (ADI). Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 19. https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1455