Development of a Modern Physics Practical Guide for Calculating He-Ne Laser Wavelengths with Double-Slit Diffraction
Keywords:
Penuntun, Laser He-Ne, Celah Ganda.Abstract
Fisika modern memegang peranan penting dalam pengembangan teknologi dengan memahami sifat cahaya dan fenomena seperti difraksi dan karakterisasi panjang gelombang. Dalam konteks ini, laser He-Ne telah menjadi sumber cahaya yang sangat penting dalam berbagai aplikasi ilmiah dan teknologi. Pembelajaran fisika yang ideal adalah pembelajaran fisika yang berbasis praktikum. Praktikum fisika modern materi difraksi celah ganda tidak dapat dilaksanakan di laboratorium karena belum adanya panduan praktikum dan membutuhkan bahan ajar berupa panduan penuntun praktikum fisika modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum fisika modern untuk menghitung panjang glombang laser He-Ne dengan difraksi celah ganda, untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam fisika modern serta memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam menggunakan teknik eksperimental yang relevan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. (R&D) dengan model 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan (1974). Model 4D yang digunakan pada penelitian ini terdiri 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukkan penuntun difraksi celah ganda berada pada kategori sangat layak dengan persentase kelayakan untuk media dan materi masing-masing sebesar 98,75%, 85% dan persepsi mahasiswa terhadap penuntun difraksi celah ganda berada dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika modern dengan persentase 80,85%.
References
Armandita, (2018) Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar I Berbasis Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Discovery Learning pada Materi Viskositas Mata Kuliah Fisika Dasar I. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi: Jambi.
Atmaja, G., Jahro, I. S., & Silaban, R. (2019). Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Pendidikan Karakter Untuk SMK. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1), 173–179.
Gunawidjaja, P. N. (2019). Pengembangan Metode Eksperimen Fisika Berbasis
Komputer pada Topik Kinematika Gerak Pegas. Jurnal Penelitian
Pembelajaran Fisika, 10(2), 119–126.
Jehadu, V., Warsito, A., Johannes, A. Z., & Louk, A. C. (2020). Visualisasi fenomena kombinasi difraksi dan interferensi pada celah ganda memanfaatkan metode secant berbasis pemrograman delphi. Jurnal Fisika, 5(2), 156–162.
Maryuliana, dkk. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transitor Elektro dan Informatika, 1(2), 1-12.
Murdaka Eka Jati, Pengantar Fisika 2, Ed. Nanik, 1st Ed. (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2017).
Mustami, Muhammad Khalifah. (2017). Validitas Pengembangan Penuntun Praktikum Ilustratif Mikroteknik Hewan Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Ilmiah Pena, 11(1), 75-83.
Rahayu, S. (2017). Pengembangan Panduan Praktikum Perangkat Gelombang Mikro Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Di Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Unsri. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 171–177.
Sugyono 2017. (2017). Eksperimen Merupakan Penelitian Untuk Mencari Pengaruh Perlakuan Tertentu Terhadap Kondisi Yang Terkendali. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186–195.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D. Yogyakarta:Alfabeta.
Syarif, Andi Husnatunnisa, S. A. (2017). Difraksi Pada Celah Ganda Dan Celah Banyak. Jurnal Fisika.
Thiagarajan., Sivasailam.(1974). Instructional Development for Training teachers Of ExceptionalCjildren. Washinton DC: National Center For Improvement Educational System.
Widiastuti, I. G. A. A. (2017). Penggunaan Dental Laser Pada EksisiIrritation Fibroma.BaliDental Journal, 1(1),13–17. https://doi.org/10.51559/bdj.v1i1.2
Creswell, John W. (2015), Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Appoaches, Diterjemahkan Oleh Ahmad Lintang Lazuardi dengan Judul: Penelitian Kualitatif dan Desain Riset; Memilih di antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.