Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Determinan dan Invers Matriks
Abstrak
Matematika merupakan mata pelajaran penting sebab bahasan di dalamnya saling berkaitan di setiap jenjangnya. Matriks menjadi salah satu bahasan dimana siswa melakukan banyak kesalahan dan mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep terkhusus determinan dan invers matriks. Pengabdian ini adalah pendampingan pembelajaran bagi siswa di MA Madani Alauddin Pao-Pao Sulawesi Selatan, yang bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada siswa dalam menyelesaikan determinan dan invers matriks melalui media papan determinan dan invers matriks. Pengabdian ini dilakukan oleh mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar sebanyak 8 kali pertemuan, dengan menggunakan media papan determinan dan invers matriks untuk membantu siswa memahami konsep matriks khususnya determinan dan invers matriks. Pengabdian ini menghasilkan peningkatan pemahaman siswa terkait determinan dan invers matriks serta menghasilkan respons yang positif dari siswa dengan antusias yang ditunjukkan terhadap pendampingan belajar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Andani, T., Badruzzaman, F. H., & Harahap, E. (2020). Operasi Matriks Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan MATLAB. JMTM : Jurnal Matematika Teori dan Terapan Matematika, 19(2), 33–45.
Friantini, R. N. & Winata, R. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. HIPMI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7 (2), 85 - 92, http://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3663.
Gustianingrum, Restu Ayu & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika Menurut Soedjadi pada Materi Determinan dan Invers Matriks. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (2), 235 - 244. https://dx.doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.977
Halid, Ardiansyah. (2016). Analisis Kesulita Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Kelas XII SMA Negeri 1 Pammana Kabupaten Wajo. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Julyanti, E., Rahma, I., F. , Candra, O., D., & Kisah. H. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 7 (1), 7 - 11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942
Karimah, Sayyidatul & Mahadhir, M. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Mind Map Materi Bangun Ruang (Kubus Dan Balok) Kelas VIII SMPN 13 Pekalongan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 3(1), 1 - 10.
Novita, M., & Putra, A. (2022). Pendampingan Siswa Yang Berkesulitan Belajar Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII MTs Siulak Gedang. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(2), 1 - 10. https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/29
Novitasari, Dian. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika & Matematik. 2(2), 8 - 18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nur, F., Suharti, Anggriani, A. D., Mattoliang, L. A., & Sriyanti, A. (2023). Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Pecahan. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 74-82. https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i2.38778
Pramesti, C., & Prasetya, A. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika,11(02), 9–17. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11091.
Siregar, R., Suwanto, Siagian, M. D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Jurnal Matematics Pedagogic, 6 (1), 31 - 38, https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2325.
Sulistyowati, Zulfa, Fariha Amalia. (2021). PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REASLITIK DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA. JOURNAL OF EMPOWERMENT, 2(2), 230 - 242.https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1750
Surur, A. M., Ummayyasari, N., Uswah, A. A. H. H., Putri, A. K., Qotrunnada, S., Nabillah, F. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Matriks dengan menggunakan Kotak Matriks (KoMat). Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 1(1), 46 - 55, https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i1.1269.
Tuhuteru, Ariati. (2021). Pengaruh Media Papan Komat (Kotak Matriks) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Determinan Matriks Pada Kelas Xi Mia Sma Negeri 17 Seram Bagian Barat. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.
Wiharyanti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Media papan Kotak Determinan Matriks (Kodetik) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. NUCLEUS, 3(1), 50 - 53, https://doi.org/10.37010/nuc.v3i1.753.
Zannurrain, M. F., Herdiyanti, A., Hasibuan, M. U. (2023). Studi literatur: Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA pada Materi Matriks. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32-40. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v4i1.1652
Zega, D. S., Natalia, R., & Mendrofa. (2023). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks di SMK Negeri 2 Lotu. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 275–282. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18914
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).