Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran PAI di Pondok Pesanren Al-Markaz Al-Islami Darul Istiqamah Sinjai

  • Suriyati Universitas Islam Ahmad Dahlan
    (ID)
  • Jamaluddin Universitas Islam Ahmad Dahlan
    (ID)
  • Mutmainnah Universitas Islam Ahmad Dahlan
    (ID)
  • Afdal Arifin Universitas Islam Ahmad Dahlan
    (ID)
Kata Kunci: Media, Pembelajaran PAI, Pesantren

Abstrak

Media pembelajaran  digunakan dalam proses pembelajaran untuk memudahkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, salah satu media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran adalah majalah dinding (mading). Pendampingan ini bertujuan agar peserta didik dapat mengetahui pembuatan media pembelajaran dan dapat mengetahui atau memahami media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan peneliti dalam pengabdian ini adalah metode PAR (Participatory Action Research) yang memiliki tiga tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap refleksi. Pengabdian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Markaz Al-Islami Darul Istiqama Sinjai. Adapun subjek dalam pengabdian ini yaitu peserta didik sebanyak 24 orang. Hasil yang diperoleh dari awal sampai akhir pengabdian yaitu peserta didik sudah mampu membuat media pembelajaran berbentuk majalah dinding (mading) dan sudah memahami kegunaan media dalam proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Kaswar, A. B., & Nurjannah, N. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif (Mobelin) Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2), 143–153. https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2326

Mahyuni. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Eksperimen Media Nyata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar.

MR Ramadhan. (2019). M Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 56–63.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid- 19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1).

Nisa, K., Wahab Hasbullah, K. A., & Wahab Hasbullah, K. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Agama Islam Melalui Permainan Ludo Edukasi di SMPN 2 Perak Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49–57.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

S, I. R. K.-K., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom, 7(1).

Supriyadi, H., Santoso, J. E., Rustinar, E., & Pratitis, D. (2023). Pendampingan Pembuatan Majalah Dinding. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(1), 207–212.

Suriyati, S., Suriati, S., Nur, A. T., Mytra, P., & Adillah, N. (2024). Pendampingan Halaqah Tahsin Guna Meningkatkan Kualitas Baca Qur’an Muslimah Sinjai. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 7–14. https://doi.org/10.47435/jcs.v2i02.2500

Undang-Undang RI No 20. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Wildan, N., Syafi’i, I., & Bibi, F. (2024). Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri Ambulu. Gemilar : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21–24. https://doi.org/10.62523/gemilar.v1i1.6

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Diterbitkan
2025-02-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 7 times