Pendampingan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran E-Split Classroom untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematika

  • Ashar Mubarak Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Agung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Nur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rachmah Ratnaningtiyas Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Batu
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: E-split classroom, Literasi Matematika, Pendampingan Belajar

Abstrak

Pendidikan matematika saat ini terus menghadapi berbagai tantangan, terkhusus pada MTSN Kota batu yang kebanyakan peserta didiknya masih memiliki kemampuan literasi matematika yang rendah, hal ini disebabkan kurang efektifnya model pembelajaran yang diterapkan. Maka dari itu, perlunya diadakan pendampingan belajar agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika mereka. Metode pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah metode Service-Learning dalam pendampingan belajar ini dilakukan dengan pendekatan yang interaktif dan menyeluruh. Tujuan dari pendampingan belajar ini agar para peserta didik dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika mereka dengan menerapkan model pembelajaran E-Split Classroom. Hasil dari kegiatan pendampingan belajar yang telah dilakukan ialah terfasilitasinya kemampuan literasi matematika peserta didik, hal ini dibuktikan dengan dengan rata-rata 72,7 pada kategori tinggi. Dengan demikian, kegiatan pendampingan belajar direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dalam upaya menghadapi berbagai tantangan yang ada terkhusus pada dunia matematika. Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan meliputi pendampingan belajar secara berkala, pelatihan guru untuk mengoptimalkan model E-Split Classroom, serta monitoring, evaluasi, dan pengembangan materi ajar untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik secara berkelanjutan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abrar, A. I. P. (2022). Model Pembelajaran E-Split Classroom untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar (M. Mardhiah (ed.); 1 ed.). PT. Nasya Expanding Management.

Agusdianita, N., Karjiyati, V., & Kustianti, S. (2021). Pelatihan penerapan model realistic mathematics education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas iv sdn 67 kota Bengkulu. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 63–72. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/2073

Agustin, F. D., Syofni, S., & Armis, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning dengan Metode SQ3R untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(4), 299–310. https://doi.org/10.24014/juring.v5i4.17126

Ahmad, H., Samad, I., Soleman, A. R., & Kamaluddin. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmetika Sosial. Journal Peqguruang: Conference Series, 5(2), 521–527. https://doi.org/10.35329/jp.v5i2.4592

Amelia, Effendi, K. N., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X Sma Dalam Menyelesaikan Soal Pisa. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 136–145.

Budiarti, I. A., Suwanti, V., & Susilo, D. A. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri untuk Literasi Matematika. Rainstek Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 6(2), 115–124. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.9645

Febriana, T., Ilyas, M., & Basir, F. (2019). Pembelajaran Multimedia Di Sekolah. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 122–132.

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413

Handayani, S. N. (2022). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur Evaluasi (Aplikasi Ilmu-Ilmu Sosial). Penerbit Adab.

Handayani, U. F., Rohmah, N. A., Wakhidah, N., Matematika, T., Qolam, I. A. I. Al, Raya, J., & Lor, P. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darun Najah dalam Menyelesaikan Soal Model HOTS. CONSISTAN: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 153–160.

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(1), 176.

Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785

Indrawati, F. (2020). Peningkatan kemampuan literasi matematika di era revolusi industri 4.0. Proceeding of Seminar Nasional Sains, 1(1), 382–386.

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Organisasi Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) (Studi Kasus Pada Unit Sarana PT. Kereta Api Indonesia Divisi Regional II Sumatera Barat). JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2631-2640.

Lubis, B. S., & Syahputra Siregar, E. F. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 396. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3143

Mashuri, S., Kurniawan, R., & Jahring, J. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Quantity. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 179. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i1.15417

Naufal, H., & Amalia, S. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Di Era Merdeka Belajar Melalui Model Blended Learning. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1, 3(1), 333–340.

Nur, F., Amin, B., Fatmah, N., D, A., & Nursalam. (2024). Pendampingan Belajar Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS pada Materi Matriks. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 9–19.

Nur, F., Suharti, Angriani, A. D., Andi Mattoliang, L., & A. Sriyanti. (2023). Pendampingan Belajar Siswa dalam Memahami Operasi Penjumlahan Pecahan. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 74–82. https://doi.org/10.24252/khidmah.v3i2.38778

Nuraini, I., Lubis, D. I., & Wandini, R. R. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Visual Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. 8, 2211–2216.

OECD. (2023). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education: Vol.I (Nomor 2).

Sabar, M., Latuconsina, N. K., Angriani, A. D., Suharti, & Amin, B. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Al asma : Journal of Islamic Education, 5(1), 1–11.

Sari, M. W., Alfan, M., & Maulana, M. I. (2024). Berbasis LKPD Find The Letter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Language, Literature, and Arts, 4(11), 1172–1178. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1172-1178

Syamsuddin, S., Tayeb, T., Rasyid, M. R., Abrar, A. I. P., & Badaruddin Amin. (2022). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al asma : Journal of Islamic Education, 4(2), 84–94. https://doi.org/10.24252/asma.v4i2.30638

Yuliawati, A. (2021). The improvement of elementary school students’ mathematical representational ability through the application of the Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) approach. SHES: Conference Series, 4(6), 555–561.

Yusmarina, H. R., Hidayanto, E., & Susiswo, S. (2023). Literasi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Menyelesaikan Masalah Model Pisa Ditinjau Dari Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3101. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7559

Diterbitkan
2025-02-01
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 4 times