URGENSI PEMBELAJARAN BAGI PENGEMBANGAN KARAKTER AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN TINGGI

  • Muhammad Amri Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin
    (ID)

Abstract

Abstrak: Tulisan ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 terhadap mahasiswa UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari urgensi strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh dosen terhadap pengem-bangan karakter akademik mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan. Data dihasilkan melalui kuisioner yang isinya dikonstruk untuk mengukur efek strategi pembelajaran terhadap peningkatan sikap ilmiah di kalangan mahasiswa. Hasilnya dianalisis dan dirujuk untuk menjelaskan strategi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan pembentukan karakter akademik yang di-maksud. Sehingga dengan demikian, penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam jenis penelitian bercampur antara kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian ini menggambarkan lemahnya desain strategi pembelajaran sehingga kurang ber-pengaruh terhadap pembentukan sikap akademik mahasiswa.

Abstract: This writing based on the research conducted on 2012 at the students of state university of Alauddin Makassar. This study aims at finding the urgency of teaching strategy developed by lecturer toward students’ academic character after having lecture. Data got through questionnaire constructed to measure the effect of teaching strategy toward the increasing of students’ scientific attitude. Data were analyzed and referenced to explain strategy which is needed to optimalize the building those academic characters. Therefore, this study is categorized into mix method, qualitative and quantitative method. The result of this study shows that the design of teaching strategies are still low, therefore they do not affect significantly to build students’ academic attitude.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-12-20
How to Cite
Amri, M. (2013). URGENSI PEMBELAJARAN BAGI PENGEMBANGAN KARAKTER AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN TINGGI. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(2), 139-150. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a2
Section
Vol. 16 No. 2
Abstract viewed = 827 times