Pengembangan Model Pembelajaran Virtual untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Madrasah Negeri di Kota Parepare

  • Hamdanah Said STAIN Parepare
    (ID)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran virtual untuk meningkat­kan efektifitas pembelajaran pada madrasah negeri di Kota Parepare. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis secara kuanti­tatif dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini me­nunjuk­kan: 1)realitas pelaksanaan pembelajaran pada madrasah negeri di Kota Parepare yakni dominan menggunakan model konven­sional. 2) Gambaran pengembangan model pembelajaran virtual meliputi: (a) langkah-langkah pengembangan model pem­be­lajaran yakni: studi pendahuluan tentang potensi dan masalah, pengum­pulan data, desain produk, validasi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, dan uji coba di madrasah, (b) tahap-tahap kegiatan dalam pembelajaran yakni: orientasi dan pre test, pembelajaran secara mandiri, interaksi secara face to face di kelas, post test, dan tindak lanjut. 3) Penerapan model pembelajaran virtual dalam uji coba sangat signifikan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. 4) Pengaruh pene­ra­pan model pembelajaran virtual terhadap efektivitas pembe­lajaran pada madrasah negeri di Kota Parepare sa­ngat signifikan. Hal ini berarti bahwa efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran virtual.

Abstract: This Research aimed to develop Virtual learning model to increase learning effectiveness Madrasah in Parepare. The data was collected through test, questionnaire, observation, and documentation. Data processing and analysis were stated quantitative descriptive and inferencial.The result of the study indicated that; 1) The learning process at Madrasah in Parepare was the learning process dominantly used conventional method. 2) The development of Virtual learning model was described; (a) the stages of development study were as follows; identified the problem, collected the data, designed product, validation, tried out product, revised product, and experimented product in Madrasah. (b) the stages of activities were as follows; orientation and pre-test, self-studied learner, interaction by face to face, post-test, and follow-up. 3) The application of Virtual learning at Madrasah in Parepare was significant in improving student’s motivation and student’s achievement. 4) The influence of Virtual learning to students’ learning effectiveness at Madrasah in Parepare showed significant improvement. This indicated that the students’ learning effectiveness can be increased  through the implementation of Virtual learning.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-06-18
How to Cite
Said, H. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Virtual untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Madrasah Negeri di Kota Parepare. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 18-33. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a2
Section
Vol. 17 No. 1
Abstract viewed = 2887 times