KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN LALU LINTAS (Studi Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar)

  • Arifuddin Arifuddin Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Chaerul Risal Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar terhadap peraturan lalu lintas pada. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan yuridis dan sosiologis. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan data sekunder diperoleh dari literatur yang memiliki korelasi dengan pembahasan. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisa data dilakukan dengan metode deskriprtif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: 1) kepatuhan seseorang terhadap aturan disebabkan rasa ketakutan terhadap sanksi dari aturan tersebut, kepatuhan terhadap aturan disebabkan oleh takutnya hubungan baik dengan pihak lain menjadi rusak dan kepatuhan yang dilandasi dengan perasaan bahwa aturan tersebut sesuai dengan nilai-nilai instristik yang dianutnya; 2) Kepatuhan mahasiswa terhadap peraturan lalu lintas dari kacamata Siyasah Syari’iyah dilandasi oleh beberapa nilai yaitu nilai kasih sayang, nilai kemanfaatan dan nilai keadilan; 3) Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu, kondisi sarana dan prasarana; kurangnya kesadaran hukum dan pengawasan dari penegak hukum.

Kata Kunci: Kepatuhan, Mahasiswa, Lalu Lintas

References

Buku

Adonis, “Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam”, (Yogyakarta: LKiS, 2015)

Ali, Achmad., “Menguak Teori Hukum (Legal Theory) dan Teori Peradilan (Judicial Prudence)”, (Jakarta: Pranada Media Grup, 2009)

Asy-Syatibi, Abu Ishaq., “al-Muwafaqat Fi Ushul asy-Syariah”, (jilid 2; Lebanon: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 2005).

al-Tufi, Najm al-Din., “Syarh al-Arba‘in al-Nawawiyyah, h.19, lampiran dalam Mustafa Zaid, al-Maslahah fi al-Tasyri’ al-Islamiy wa Najm al-Din al-Tufi, t.tp.: Dar al-Fikr al-‘Arabiy, 1384 H/1964 M).

Ali, Zainuddin., “Sosiologi Hukum”, (Jakarta: Sinar Grafika, 2015).

Kementerian Agama, “al-Qur’an dan terjemahnya”, (Semarang: Toha Putra, 1998)

Saebeni, Beni Ahmad., “Sosiologi Hukum”, (Bandung: Pustaka Setia, 2006).

Salman, Otje., “Filsafat Hukum: Perkembangan dan Dinamika Masalah”, (Cet III; Bandung: PT Refika Aditama, 2012).

Sarwono, Jonathan., “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006)

Yuwono, Susatyo., “Karakter Disiplin Berlalu Lintas Dalam Islam”, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiah Surakarta, (April 2012)

‘Audah, Jaser., “al-Maqaṣid Untuk Pemula”, terj. ‘Ali ‘Abdelmo’im, (Cet. Ke-1; Yogyakarta: SUKA-Press, 2013).

‘Izz al-Din ibn ‘Abd al-Salam, “Qawa‘id al-Ahkam fi Masalih al-Anam”, (Juz ke-1; Kairo: Maktabat al-Kulliyyat al-Azhariyyah, 1994).

Jurnal

Larissa, Dea., "Perlindungan Hukum Bаgi Korbаn Tindаk Pidаnа Penipuаn Jual Beli Online di Indonesia." Riau Law Journal, Volume 4, Nomor 2, (2019).

Peraturan

Republik Indonesia, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2002 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Wawancara

Andi Molawaliada Patodongi, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, wawancara, Samata, tanggal 20 Desember 2020.

Alif Fahrezy Amsil, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, wawancara, Samata, tanggal 17 Desember 2020.

Erna Muchlis, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, wawancara, Samata, tanggal 17 Desember 2020.

Intan Nur Aliza, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, wawancara, Samata, tanggal 19 Desember 2020.

Muh. Akbar Hamzah, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, wawancara, Samata, tanggal 20 Desember 2020.

Supriadi, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, wawancara, Samata, tanggal 20 Desember 2020.

Published
2021-01-05
How to Cite
Arifuddin, A., & Risal, M. C. (2021). KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN LALU LINTAS (Studi Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar). SIYASATUNA : JURNAL ILMIAH MAHASISWA SIYASAH SYAR’IYYAH, 2(1), 1-12. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/siyasatuna/article/view/20052
Section
Artikel
Abstract viewed = 373 times