Strategi Komunikasi Politik Partai Gelora Sulawesi Selatan di Masa Pandemi Covid-19

  • Kaslam Kaslam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Kurnia Sulistiani Universitas Negeri Semarang
    (ID)

Abstract

Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) adalah partai baru yang siap bertarung pada pemilu 2024. Ditengah pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas gerak dan kerumunan massal, partai ini harus berjuang keras agar dapat dikenal secara luas oleh masyarakat. Penelitian ini ingin mencoba untuk mengurai strategi – strategi komunikasi politik yang dijalankan oleh Partai Gelora Sulawesi Selatan agar bisa bersaing memenangkan pemilu 2024. Landasan teoritis yang digunakan meliputi teori asal usul partai, fungsi partai politik dan strategi komunikasi politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partai Gelora Sulawesi Selatan mempunyai sejumlah strategi komunikasi politik antara lain: rekrutmen anggota partai melalui website; silaturahmi ke tokoh cendekiawan Sulawesi Selatan; memberikan dukungan pada Pilkada 2020; program podcast dan webinar sebagai media pendidikan politik; dan kegiatan langsung ke lapangan. Dengan adanya upaya ini, Partai Gelora Sulawesi Selatan dapat diperhitungkan pada perhelatan pemilu pada tahun 2024.

References

Bella Adha Hendriana Moneter & Eko Harry Susanto, “Strategi Komunikasi Politik Partai Baru (Studi Kasus Perolehan Suara Partai Solidaritas Indonesia di DPRD DKI Jakarta Pada Pemilu 2019)”, Koneksi, Vol. 4, No. 1 (2020), h. 43-49.

Elly M. Setiadi & Usman Kolip, Pengantar Sosiologi Politik (Jakarta :Kencana Prenada Media Group,2013).

Mahi M. Hikmat, Komunikasi Politik: Teori dan Praktik dalam Pilkada Langsung (Bandung: Simbiosa Rekatama Media , 2010).

Miriam Budihardjo, Dasar-dasar Ilmu Politik (Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 2009).

Nurul Qalbi, “Strategi Komunikasi Politik dan Pemenangan Pasangan Muhammad Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2013”, KRITIS : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 1, No. 2 (2015), h. 231-238.

Ramlan Surbakti, Dasar-Dasar Ilmu Politik (Surabaya: Airlangga University Press, 1984).

Rifdah Hayani Nasution, “Strategi Marketing Politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Pada Segmentasi Pemuda di Kota Pekanbaru”, Jurnal JOM Fisip, Vol. 6, No. 1 (2019), h. 1-13.

Zahul Amri, “Strategi Komunikasi Politik Pasangan Calon Walikota Banda Aceh pada Pilkada 2017 (Studi Pada Tim Pemenangan Aminullah Usman dan Zainal Arifin)”, Skripsi (Banda Aceh: Univeritas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh, 2017).

Website

Aswad Syam, “Anis Matta Beberkan Peran Political Scientist di Depan Rektor UNM dan UNISMUH Makassar“ dalam https://bukamata news.id/read/2020/09/04/anis-matta-beberkan-peran-political-scientist-di-depan-rektor-unm-dan-unismuh-maka ssar diakses 1 November 2020.

Published
2021-01-02
Abstract viewed = 1715 times