PENGEMBANGAN BUKU KEAJAIBAN ANGKA DALAM ALQUR’AN DILENGKAPI MEDIA KARTU ANGKA

Annisah Kurniati, Hayatun Nufus

Abstract


Abstrak:

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan buku keajaiban angka dalam Alqur’an yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototipe (prototype) dan tahap penilaian (assessment). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan dokumentasi. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas dan angket  uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku keajaiban angka dalam Alqur’an valid dan praktis untuk digunakan.

Abstract:

The research aims to produce a valid and practical book of miracle of numbers in the holy Qur'an. The research method used was a developmental research consisting of three stages, namely, front-end analysis, prototype, and assessment stage. Data collection was conducted through the observation, questionnaire, and documentation. The types of data taken in this research were the primary data; it was the data that were directly obtained from the questionnaire. Data collection instruments were in the forms of validity test questionnaire and practicality test questionnaire. The data obtained were then analyzed by using descriptive analysis techniques. The research findings showed that the book of the miracle of numbers in the holy Qur'an is valid and practical to use.


Keywords


Keajaiban Angka dalam Alqur’an; Media Kartu Angka

Full Text:

PDF

References


Akker, V. A. (1999). Design approaches and tools in education and training. Dortrech: Kluwer Academic Publishers.

Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarkan matematika pada anak usia dini. Mu’adalah; Jurnal studi gender dan anak, 1(2), 45–55. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=183200&val=6342&title=Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini

Hayuningtyas, H. (2014). Pemanfaatan sumber belajar dengan limbah kardus untuk mengembangkan konsep matematika permulaan anak usia 5-6 tahun (studi eksperimen di TK Taman Indria Semarang). Jurnal Early Childhood Education Papers (Belia), 3(1), 63–70. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/3422/3090

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematika terintegrasi islam kepada anak sejak dini. Suska Journal of Matematics Education, 1(1), 1–8. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/153775657.pdf

Lestariningrum, A. (2015). Pemanfaatan media biji-bijian sebagai sumber belajar bidang pengembangan matematika pada anak usia dini. Jurnal Efektor, 1(26), 12–18. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/download/71/39

Maryani. (2010). Meletakkan dasar-dasar pengalaman konsep matematika melalui permainan praktis di kelompok bermain. Jurnal Pendidikan Penabur, 1(15), 1–11. Retrieved from http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No15-Thn9-Desemberi2010.pdf

Mohamed, M. (2004). Matematikawan muslim terkemuka. Jakarta: Salemba Teknika.

Mutiah, D. (2010). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Nurani, Y. (2012). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. Jakarta: PT. Indeks.

Sumantri, M. (2004). Media pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumini. (2013). Meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal bilangan melalui media kartu angka. Jurnal UNESA, 2(1), 1–5. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/851/622

Tadkirotun, M. (2012). Pengembangan kecerdasan majemuk. Tangerang: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

   BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait  

 


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar In collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan/ Tadris Matematika PTKIN (Ad-mapeta)
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View MaPan Stats