PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI, MINAT BELAJAR MATEMATIKA, DAN SIKAP BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMAN 2 WATAMPONE

Andi Trisnowali

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi, minat belajar matematika, dan sikap belajar matematika terhadap hasil belajar  matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Watampone. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Watampone yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan empat instrumen, yaitu kuesioner motivasi berprestasi, minat belajar matematika, sikap  belajar matematika dan tes hasil belajar matematika. Data tersebut diperoleh menggunakan bantuan program pengolahan data statistik SPSS versi 20. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Watampone dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 76,5 dengan simpangan baku 12,8. Motivasi berprestasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Watampone dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 73,3 dengan simpangan baku 9,0. Minat belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Watampone dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 46,2 dengan simpangan baku 4,6. Sikap belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Watampone dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 53,4 dengan simpangan baku 5,7. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa motivasi berprestasi, minat belajar matematika dan sikap  belajar matematika secara bersama-sama berpengaruh  secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Watampone, dengan persamaan regresi Y =  -39,937+ 0,625 X1 + 0,737 X2 + 0,685 X3. Dengan koefisien determinasi        r2 = 0,702. Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi berprestasi, minat belajar matematika dan sikap belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Watampone.

Abstract:

This research was an ex post facto that aims to determine the influence of achievement motivation, interest in learning mathematics, and the attitude of learning mathematics to the results of learning mathematics class X SMA Negeri 2 Watampone. The population in the study were all students of grade X of SMA Negeri 2 Watampone registered in academic year 2016/2017. Of decide the samples it was applied sampling. The data were collected by using four instruments, namely the achievement motivation koesioner, the interest of learning mathematics, the attitude of learning mathematics and the test of mathematics learning result. Data obtained by using statistical data processing program SPSS 20. The result of descriptive statistic analysis showed that the result of learning mathematics of class X students of SMA Negeri 2 Watampone was categorized high with average score 76,5 with standard deviation 12,8. The motivation of achievement of grade X students of SMA Negeri 2 Watampone is categorized as high with an average score of 73.3 with standard deviation of 9.0. Interest in learning mathematics class X students SMA Negeri 2 Watampone categorized high with an average score of 46.2 with standard simpangan 4.6. Mathematics learning attitude of grade X students of SMA Negeri 2 Watampone is categorized high with average score 53,4 with standard deviation 5,7. The result of inferential analysis shows that achievement motivation, mathematics learning interest and learning attitude of mathematics together significantly influence the learning outcomes of Mathematics of Grade X students of SMA Negeri 2 Watampone, with regression equation Y = -39,937 + 0,625 X1 + 0,737 X2      + 0,685 X3 . With coefficient of determination r2 = 0,702.From the results of the above research, it can be concluded that there is influence of achievement motivation, interest in learning mathematics and the attitude of learning mathematics on learning outcomes Mathematics class X SMA Negeri 2 Watampone.


Keywords


Motivasi Berprestasi; Minat Belajar; Sikap Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. & Widodo, S. (2004). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, Mohammad. 1987. Metode penelitian. Surabaya: IKIP Surabaya.

Anonim. (2012). http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno/teknik-asesmen-penilaian-sikap. Diakses pada tanggal 30 januari 2012.

Azwar, S. (2005). Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Begle, E. G. (1979). Critical variables in mathematics educations. Washington D. C: The Mathematical Assosiation of America and The National Council of Teachers for Mathematics.

Clelland Mc.at.al. (1975). The achievement motive. New York: Irvington.

Crow and Crow. (1988). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, Mudjiono. (1989). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elfindri, dkk. (2012). Pendidikan karakter. Jakarta: Banduose Media

Gerungan, W. A. (2000). Psikologi sosial. Bandung : Eresco.

Gie, The Liang. (1995). Cara belajar yang efisien. Yogyakarta: Liberty.

Goodenought, F. L. (1945). Developmental psychologi an introduction to the study of human behavior (2nd.ed). New York: Applition-Century-Croftes, Inc.

Hilgard, Ernest. (1983). Introduction to psychology. New York: Harcoust B. Javanovic.

H. Djaali , Pudji Muljono. (2007). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Gramedia Indonesia.

J. Ravianto, (2009). Produktivitas dan pengukuran. Jakarta : Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas.

Kartono, Kartini. (1990). Psikologi umum. Bandung: Mandar Maju.

Koeswara, E. (1986). Motivasi, teori dan penelitiannya. Bandung: Angkasa.

Muhari. (1983). Suasana rumah dan prestasi belajar suatu studi tentang pengaruh suasana rumah terhadap prestasi belajar para pelajar sekolah menengah umum tingkat pertama di Jawa Timur. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Muhkal, M. (1994). Hubungan antara konsep diri matematika dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar matematika Siswa-siswa Kelas 1 SMA Negeri di Kota Madya Ujung Pandang. Tesis. Malang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang Program pasca Sarjana.

Nasution. (1982). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bina aksara.

Nasution. (2004). Didaktik asas-asas mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Palan, R. (2007). Competency management. Jakarta: PPM Indonesia.

Poerwadarminta, W. J S. (2003). Kamus umum bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sabri, A. (1996). Psikologi pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

Sardiman, A. M. (1987). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Semiawan, C. R. (2002). Belajar dan pembelajaran dalam taraf usia dini. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Redaksi. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Winkel, W. S. (1983). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n2a8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is hosted and published by

Departement of Mathematics Education

Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

In collaboration with

Alumni Association of Mathematics Education

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Creative Commons License

MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran by http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Visitor Number :

View Journal Visitor Stats