HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH MICROTEACHING MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SULAWESI BARAT

Nenny Indrawati, Nurmiati Nurmiati

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester VIII pada mata kuliah Microteaching di Universitas Sulawesi Barat, menganalisis hubungan dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester VIII pada mata kuliah Microteaching di Universitas Sulawesi Barat, dan menganalisis hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester VIII pada mata kuliah Microteaching di Universitas Sulawesi Barat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasi dengan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Objek dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester VIII berjumlah 31 orang. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan prestasi belajar sebesar 0,594, (2) persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 36,954 + 0,568 X.

Abstract:

This correlational research aims to analyze the correlation of emotional quotient and learning achievement of mathematics education  of students semester VIII towards microteaching subject at West Sulawesi University. The research applied correlational research method with observational analysis and cros sectional approach. The research object is 31 students of mathematics education semester VIII. The technique of data analysis is simple correlational analysis and simple regressive analysis. This research shows that: (1) there is a positive and significant correlation between emotional quotient and learning achievement 0,594, (2) Regression equation is Y = 36,954 + 0,568 X..

 


Keywords


Kecerdasan Emosi; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Djamariah, B. S. & Aswan, Z. (2006). Strategi belajar mengajar. PT Rineka Cipta.

Goleman, D. (2015). Emotional intelligence. (Diterjemahkan: T. Hermaya). PT Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, Joan, John & Claire D. (2008). Mengembangkan kecerdasan emosional anak. (Penerjemah: T. Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Mustaqim. (2012). Psikologi pendidikan. Pustaka Pelajar.

Putri. N. K. (2011). Hubungan kecerdasan emosi dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah ASKEB IBU I mahasiswa semester II di AKBID Mitra Husada Karanganyar. Thesis. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Uno H. B. (2008). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait  

 


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar In collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan/ Tadris Matematika PTKIN (Ad-mapeta)
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View MaPan Stats