PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEYAKINAN MATEMATIS SISWA

Helda Monica, Nila Kesumawati, Ety Septiati

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Gelumbang Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Postest-Only Control Design. Sampel penelitian ini adalah 62 siswa. Instrumen yang di gunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket keyakinan matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan siswa di SMPN 6 Gelumbang Sumatera Selatan.

Abstract:

This study aims to know whether there is influence of Problem Based Learning (PBL) approach to the ability of solving mathematical problem, mathematical belief of students of SMP. This study did at SMPN 6 Gelumbang, South Sumatera. The method used in this study is the Postest-Only Control Design experiment method. The sample in this study was 62 students. The instrument of this study was the ability of solving mathematical problem test and mathematical belief questionnaire. Data analysis technique used is t test. The result of the study was there is influence of Problem Based Learning (PBL) approach to the ability of solving mathematical problem the belief of students of students SMPN 6 Gelumbang, South Sumatera.


Keywords


Problem Based Learning; Pemecahan Masalah; Keyakinan Matematis

Full Text:

PDF

References


Ayu, R., Nurrahmawati, & Deswita, H. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPN 3 Rambah Samo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Matematika, 2(2). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/110789/pengaruh-penerapan-model-pembelajaran-problem-based-learning-pbl-terhadap-kemamp.

Dinandar. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMK Dharma Karya Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2058

Kesumawati. (2009). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP melalui model pendidikan matematika realistik. Universitas PGRI Palembang. Retrieved from http://repository.upi.edu/7975/.

Muhtarom, Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2016). Pengembangan angket keyakinan dalam pemecahan masalah dan pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 55–64. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/91434-ID-pengembangan-angket-keyakinan-terhadap-p.pdf.

Rusman. (2016). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/index.

Shadiq, F. (2009). Kemahiran matematika. Yogyakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiman. (2009). Aspek keyakinan matematik siswa dalam pendidikan matematika. Jurnal Pendidikan MIPA UNY, 2(1). Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2009b_KYM_0.pdf.

Sugiman. (2010). Peningkatan keyakinan matematik melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan MIPA UNY. Jurnal Pendidikan MIPA UNY, 2(1). Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2010b_Keyakinan_Mat.pdf.

Sundayana, R. (2015). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2015). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Depdiknas. (2006). Peraturan pemerintah republik indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

Widjajanti, D. (2009). Mengembangkan keyakinana (belief) siswa terhadap matematika melalui pembelajaran berbasis masalah. Yohyakarta. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131569335/Makalah Medan-2.pdf.

Yulianti, E., Sukasno, & Friansah, D. (2016). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Linggau. Retrieved from http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/Artikel Evimaz Yulianti.pdf.




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

   BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait  

 


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar In collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan/ Tadris Matematika PTKIN (Ad-mapeta)
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View MaPan Stats