PENERAPAN MODEL LC(LEARNING CYCLE MELALUI KOMBINASI STRATEGI PICK UP CARDS GAME DAN LECTURE BINGO TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MA’RANG KABUPATEN PANGKEP

ratih lestari badwi, Muzakkir Muzakkir, A. Jusriana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen Design yang bertujuan untuk mengetahui: 1)  Tingkat aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ma’rang sebelum penerapan model LC (Learning Cycle) melalui kombinasi strategi Pick Up Cards Game dan Lecture Bingo; 2) Tingkat aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ma’rang setelah penerapan model LC (Learning Cycle) melalui kombinasi strategi Pick Up Cards Game dan Lecture Bingo; 3) Penerapan model LC (Learning Cycle) melalui kombinasi strategi Pick Up Cards Game dan Lecture Bingo efektif terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ma’rang. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model LC (Learning Cycle) melalui kombinasi strategi Pick Up Cards Game dan Lecture Bingo efektif terhadap peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ma’rang.

Keywords


Learning Cycle, Pick Up Cards Game, Lecture Bingo, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar.

References


Arifin, Zainal, 2014, Evaluasi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Creswell, John, 2015, Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ginnis, Paul, 2008, Trik Dan Taktik Mengajar, PT Indeks, Jakarta.

Ridwan, Muhammad, 2009, Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Fisika, UIN Press, Makassar.

Sardiman, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sari, Ridwan Abdullah, 2013, Inovasi Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Sudjana, 2005, Metode Statistik, Tarsito, Bandung.

Suparno, Paul, 2013, Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Widoyoko, Eko Putro, 2012, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.2992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325