PERBANDINGAN TINGKAT KEDISIPLINAN DAN KARAKTER BELAJAR ANTARA SISWA SMAN 1 KELARA DAN MA RAHMATULLAH KABUPATEN JENEPONTO

Muhammad Qaddafi

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedisiplinan dan Karakter belajar siswa SMAN 1 Kelara dan MA Rahmatullah sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan dan karakter belajar siswa SMAN 1 kelara dan MA Rahmatullah Kabupaten Jeneponto.Jenis penelitian ini tergolong expost facto dengan pendekatan penelitian melalui metode angket skala likert. Angket didistribusikan kepada Siswa SMAN 1 Kelara dan MA Rahmatullah Kelas XII.IPA Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil pengolahan data angket yang terdistribusi pada skala 20 – 79, maka diperoleh Kedisiplinan Siswa SMAN 1 Kelara berada pada kategori tingg dengan nilai rata-rata  67,16. Untuk Karakter Belajar,  berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 58.3. Sedangkan  Kedisiplinan MA Rahmatullah  berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 60,5. Untuk Karakter Belajar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 49.8 Melalui analisis inferensial maka terdapat perbedaan yang signifikan antara Kedisiplinan  Fhitung 4.01 > FTabel 2.00. Demikian pula halnya terdapat perbedaan yang signifikan antara karakter Belajar SMAN 1 Kelara  dengan MA Rahmatullah dengan Fhitung 4.77 > FTabel 2.00.Hasil penelitian ini diharapkanpkan dapat dijadikan referensi bagi jurusan untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkan Kedisiplinan dan Karakter  Belajar Siswa dalam upaya memperkuat nilai-nilai social dan disiplin dalam proses pembelajaran dikelas.

Keywords


Kedisiplinan dan Karakter Belajar

References


Al-Qur'an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto,Suharsimi.2010.Manejemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anoraga, Pandji. 2005. Psikologi Kerja. Jakarta:Rineka Cipta.

Aunurrahman.2012.Belajardan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Brazelton, Berry. 2009. Disiplin Anak ala dr. Bgrazelton. Januari: PT. Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia).

Djamarah,SyaifulBahri.2008.Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ekosiswoyo dan Rahman. 2000. Dasar_dasar Pendidikan. Bandung: Alfhabeta

Endraswara,Suwandi.2010.Etika Hidup Orang Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Gulio,Dali.2010.Psikologi Karakter. Bandung: Bumi Aksara.

Gunawan,Heri.2012.Pendidikan Karakter dan Implementasi. Bandung: Alfhabeta.

Hilgard , Bower. 2010. Theories of Learning. Bandung: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth. 2011. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Irianto, Agus. 2006. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Irwan A Hyman dan Pamela. 2013. A Snock Dangeraus Schooll. Bandung: Rineka Cipta.

Ismail, Ilyas. 2012.Pendidikan Karakter Suatu Pendekatan Nilai. Makassar: Alauddin University pers.

Kusuma,Dony .2004 .Nilai-nilai Karakter Pendidikan Bangsa. Bandung: Alfhabeta.

Purwanto,Ngalim.2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offsett.

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Russell, Beltrand. 2013. Penggolongan Pemikiran. Jakarta: PT. Penerbit Gramedia.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325