PELATIHAN PEMBUATAN LAMPU DARURAT SEDERHANA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Zainal Zainal, Munir Munir, Hasbullahair Ashar

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen Design yang bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains peserta kelas XII IPA I SMA Negeri 2 Takalar sebelum mendapatkan pelatihan Pembuatan Lampu Darurat Sederhana, untuk menggali keterampilan proses sains peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 2 Takalar setelah mendapatkan pelatihan Pembuatan Lampu Darurat Sederhana dan menemukan perbedaan keterampilan proses sains peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 2 Takalar sebelum  dan setelah mendapatkan pelatihan Pembuatan Lampu Darurat Sederhana. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang dipilih menggunakan teknik purpossive  sampling. Hasil penelitian digunakan uji t pada data nilai posttest (nilai akhir). Namun sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian sampel, yaitu dengan melakukan uji normalitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t tersebut diperoleh dan dari tabel distribusi Lhitung = 0,144 dan dari tabel distrbusi diperoleh Ltabel = 0,161 dengan α = 0.05 dan dk = 30 - 1 = 29. Hal ini menunjukkan bahwa Lhitung(0,144) <Ltabel(0,161). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Takalar setelah pelatihan pembuatan lampu darurat sederhana Kata Kunci: Direct Instruction, Sepak Bola Verbal, keaktifan, hasil belajar.

Kata kunci : Keterampilan Proses Sains dan Pembuatan Lampu Darurat Sederhana


References


Alim. Muhammah. 2010. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembntukan pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Almanda, Deni & Budiyanto. 2013. Rancang Bangun Lampu Penerangan Darurat (Compact Emergency Lamp) Dengan Mengunakan Lampu Hemat Energi (Jurnal Nasional). Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiah Jakarata: Jakarta.

Amin, Nurhani. 2011. Optimasi Sistem Pencahayaan Dengan Memanfaatkan Cahaya Alami (Studi Kasus Lab. Elektronika Dan Mikroprosessor Untad (Jurnal Nasional). Jurusan Teknik Elektro UNTAD: Palu

Anggereni, Santih. 2014. Menegembangkan Asesmen Kinerja Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium. Makassar: Alauddin University Press.

Ango L, Mary. 2002. Mastery of Science Precess Skill and Their Effecrive Use in the Teaching of Science: An Educology of Science in Nigerian Context. International journal of educology, volume 16, No. 1.

Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mastuhu, M. 2007. Sistem Pendidikan Nasional Visioner. Tangerang: Lentera Hati.

Semiawan, Conny dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Giramedia.

Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Rustaman, Nuryani dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2a13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325