PENGARUH PEMBELAJARAN DISKUSI CAOLOGIUM BERBASIS PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.3243Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen Design yang bertujuan
untuk mengetahui: 1) gambaran hasil belajar fisika dengan menggunakan teknik
diskusi caologium berbasis permainan engklek; 2) Pengaruh pembelajaran
diskusi caologium berbasis permaianan engklek terhadap hasil belajar fisika
siswa kelas VIII SMPN 1 Mapilli Kab. Polewali. Desain penelitian yang
digunakan adalah One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Terdapat Pengaruh hasil belajar fisika yang diajar menggunakan pembelajaran
diskusi caologium berbasis permainan engklek dimana terdapat pengaruh berupa
peningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 1 Mapilli Kab. Polewali.
Downloads
References
Creswell, John, 2015, Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi
Riset Kualitatif dan Kuantitatif, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Febriawan GT, Krisna, 2015, Engklek Sebagai Sarana Pembelajaran Asyik di Tengah Permainan Modern, Universitas Widya
Dharma Klaten, Klaten.
Majid, Abdul, 2013, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nurhayati B, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Badan Penerbit UNM Makassar,
Makassar.
Sardiman, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sari, Ridwan Abdullah, 2013, InovasiPembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Sudjana, 2005, Metode Statistik, Tarsito, Bandung.
Widoyoko, Eko Putro, 2012, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.