PENGARUH STRATEGI INFORMATION SEARCH AND ANSWER GALLERY (ISA-GALLERY) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALUKKU

Muhfatiah Muhdar, St. Syamsudduha, wahyuni Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Information Search and Answer Gallery (ISA-Gallery) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Biologi di SMAN 1 Kalukku, Kab.Mamuju.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Dengan desain non equivalen comparation design dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes hasil belajar, dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar biologi siswa yang diajar tanpa menerapkan strategi Information Search and Answer Gallery (ISA-Gallery) dan yang menerapkanstrategi ini sama-sama berada pada kategori sedang yaitu 66,67% dan 68,57%. Hasil belajar biologi yang menerapkan strategi ini berada pada kategori sangat baik (82%) dan yang tidak menerapkan strategi ini berada pada kategori baik (43%) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.Implikasi dari penelitian ini yaitu Strategi Information Search and Answer Gallery (ISA-Gallery) memerlukan waktu yang lama dalam pembelajaran.Untuk itu, jika guru di sekolah ingin menerapkan strategi ini, ada baiknya siswa dibagi dalam beberapa kelompok karena tidak semua siswa memahami langkah-langkah dari strategi ini sehingga waktu yang digunakan lebih efektif.Jika peneliti selanjutnya ingin mengembangkan penelitian ini, sebaiknya memperhatikan keterlaksanaan kompetensi dasar 4.3 yang ada pada RPP yang telah dibuat.


Keywords


Strategi Information Search and Answer Gallery (ISA-Gallery), motivasi belajar, hasil belajar.

References


Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. (2003). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Rosda.

Nugroho, Firman. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates pada Standar Kompetensi Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Skripsi. Yokyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prabawati, Dhian Windari. (2013). Model Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menggunakan Strategi ISA-Gallery dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. (1998). The International Commission on Education for the Twenty first Century.

Winarti. (2010). Pengaruh Strategi Guru Mengajar dan Strategi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 5 Ungaran”. Skripsi. Semarang : Fak. Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Zaid, Ari. (2014). Penerapan Metode Information Search dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII”. Skripsi. Jakarta : Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatulah Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhfatiah Muhdar, St. Syamsudduha, wahyuni Ismail