PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BIOLOGI BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 7 PINRANG

Nur Fadillah, Andi Maulana, Syahriani Syahriani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D).Penelitian ini bertujuan yaitu mengembangkan penuntun praktikum biologi berbasis lingkungan pada materi klasifikasi makhluk hidup serta mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Tjeerd plomp (1997) yang terdiri dari beberapa fase yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain(perancangan), (3) realisasi dan (4) fase tes, evaluasi dan revisi.Penelitianini dilaksanakan di SMAN 7 Pinrang dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 1. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket respon peserta didik dan angket respon guru, serta butir-butir tes.Berdasarkanhasil analisis data, tingkatkevalidan penuntun praktikum biologi berbasis lingkunganberadapadakategorivaliddengannilai rata-rata 0,81 (x > 0,8). Hasil analisis data yang diperoleh dari respon peserta didik dan guru, tingkatkepraktisan penuntunberadapadakategoripositifdengan rata-rata nilai total 3,48(x > 3,4). Hasil analisis data yang diperoleh dari tes belajar peserta didik, penuntun praktikum biologi berbasis lingkungandikategorikanefektifkarena83% peserta didikmencapaiketuntasan klasikal belajar dan respon peserta didik dalam kategori sangat positif dengan persentase 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum biologi yang dikembangkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif.


Keywords


Kevalidan, Kepraktisan, Keefektifan, Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Lingkungan, Materi Klasifikasi Makhluk Hidup.

References


Ali, A., & Arif, W. P. (2019). Developing of Guidance for Laboratory Practice of Islamic Science-integrated Plant Anatomy-physiology. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 70-82. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n1.70-82

Budianto dan Anak Agung.(2013). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Siswa Kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bioedukasi.

Juariah dkk.(2014). Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Keanekaragaman Spermatophyta.Jurnal Edukasi Edisi B Vol 6 No 2. Banda Aceh.

Maylinda, Maharani. (2013). Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Terpadu Tema Fotosintesis untuk Siswa SMP. Jurnal Bioedukasi.

Nurdin.(2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Bahan Ajar, Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Pusat Bahasa Pendidikan Nasional.(2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). JAKARTA: Balai Pustaka.

Sofian, Siregar.(2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Subyanto. (2000). Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. Malang: IKIP Malang.

Widoyoko, S. Eko Putro. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Fadillah, Andi Maulana, Syahriani Syahriani