PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC CARD PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA

Shavira Mutmainnah, Jamilah Jamilah, Syahriani Syahriani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Researchand Development) memiliki tujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran magic card, 2) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran magic card, 3) mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran magic card, 4) mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran magic card. Penelitian iniĀ  memiliki jenis penelitian yang mengacu pada model 4-D, dimana model ini memiliki beberapa tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek uji penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 2 Camba Maros. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian, dimana untuk mendapatkan data kevalidan suatu produk maka instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, selanjutnya untuk mendapatkan data praktis digunakan angket respon, sedangkan untuk mendapatkan data keefektifan digunakan tes hasil belajar peserta didik untuk mengetahui apakah media yang telah dikembangkan layak digunakan. Berdasarkan hasil penilaian,diperoleh data dari 1) hasil yang didapatkan pada penilaian dua validator untuktingkat kevalidan magic card dengan nilai rata-rata yaitu 3,42. 2) data kepraktisan dari hasil penilaian respon yang diberikan peserta didik dan guru didapatkan nilai rata-rata 3,1. 3) hasil tes peserta didik media pembelajaran magic mard dikategorikan efektif karena mencapai 88,23%.


Keywords


pengembangan, media pembelajaran, magic card.

References


Astuti, Widi Nani. 2016. Pengembangan Media Cerpen Biologi untuk SMA/MA Kelas X Semester Gasal Materi Pokok Virus , Vol.1.

Desmiwati, dkk. 2017. Validitas LKPD Fisika SMA Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Teknologi Digital, Vol.1.

E, Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasasis Kompetensi Konsep, Kerakteristik, Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fajar. 2016. Penggunaan Media Magic Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Penduduk Di Lingkungan Sekitar Di Kelas IV SDN Margapala Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Sumedang : Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

R Ibrahim dan Nana Syaodih S. 2014. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi aksara.

Widyoko Putro Eko, 2013. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.24252/al-ahya.v2i2.15502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 shavira mutmainnah, Jamilah Jamilah, Syahriani Syahriani