ANALISIS STRATEGI COPING TERHADAP STRESS GURU BIOLOGI DI SMA

Sumarni M, Wahyuni Ismail, Eka Damayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui gambran stres yang dialami oleh guru biologi, mengetahui strategi coping yang dilakukan oleh guru biologi, dan mengetahui jenis coping yang digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data wawancara dan observasi. Analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan pengecekan data. Subyek dalam penelitian ini adalah wanita dewasa yang bekerja sebagai guru yang berusia 35 tahun, 45 tahun dan 30 tahun, sebanyak 3 orang, guru yang telah bekerja 5 tahun keatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mengalami stres dengan adanya tanda-tanda secara fisiologis, emosional, kognitif, perilaku dan interpersonal. Stress diakibatkan dengan urusan rumah tangga dan kesibukan disekolah. Sedangkan strategi coping yang digunakan adalah problem focused coping dan emotional focused coping. Pada problem focused coping individu cenderung menggunakan seeking social support for instrumental reason dalam menyelesaikan masalah yaitu mencari dukungan keluarga dan orang-orang terdekatnya dengan cara menceritankan masalahnya dan meminta pendapat atau nasehat dari orang tersebut. Kemudian emotional focused coping individu cenderung menggunakan turning to religion yaitu selalu berserah diri kepada Allah SWT. dengan berdoa agar diberi kemudahan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya, agar diberi kesehatan dan selalu bersyukur atas apa yang telah didapatkannya.

 

Abstract

This study aims to, know the stress imagery experienced by biology teacher, know coping strategies undertaken by biology teachers, and know the type of coping used by the teacher. This research uses qualitative method with interview and observation data. Analysis uses data reduction, data presentation and verification. Verification of data validity using data triangulation and data checking. Subjects in this study were adult women who worked as teachers aged 35 years, 45 years and 30 years, as many as 3 people, teachers who have worked 5 years and above. The results of this study indicate that teachers experience stress with signs physiological, emotional, cognitive, behavioral and interpersonal. Stress is caused by household affairs and busyness in school. While coping strategies used are problem focused coping and emotional focused coping. In problem focused coping, individuals tend to use social support for instrumental reason in solving the problem of seeking the support of their family and their closest people by narrating the problem and asking for opinions or advice from the person. Then emotional focused coping individuals tend to use turning to religion that is always surrendered to Allah SWT. by praying for ease in solving the problems he faces, to be given health and always be grateful for what he has got.


Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mahmud, D. M. (1990). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan. Yogyakarta: BPFE.

Rini, J. F. (2002). Stress Kerja. Bali: Bali Usada Meditation. http://www.baliusada.com/.

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cet. 20). Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syam, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wilonoyudho, S. (2001). Merenungkan Perjalanan Hidup Guru. Retrieved September 3, 2017, from http://www.kompas.com/opini/.htm

Yanti. (2013). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data. Retrieved September 5, 2017, from https://worddpress.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al asma : Journal of Islamic Education is indexed by:

  


Al asma : Journal of Islamic Education

Published by:

Komite Penjaminan Mutu (Quality Assurance Committee), Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University of Makassar

Office Address:

JL. H. M. Yasin Limpo, No. 36, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Building, Quality Assurance Committee Office at 3th floor, Samata - Gowa, Sulawesi Selatan 92113

Email: al-asma@uin-alauddin.ac.id

Print ISSN: 2715-2820 | Online ISSN: 2715-2812 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

 View Al asma Stats