PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT BERBASIS METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP/MTs

Muh. Qardawi Hamzah, Andi Halimah, Baharuddin Abbas

Abstract


The objective of this research is to develop a mathematics learning tool for rectangular flat structure material based on valid, practical, and effective guided discovery methods. The type of this research used is Research & Development by referring to the 4D model, namely: define, design, develop, and disseminate. The product developed is in the form of lesson plans, student textbooks and LKPD which are based on guided discovery methods on rectangular flat material. The instruments used in this study were validation sheets, observation sheets of learning device implementation, learning management observation sheets, student activity observation sheets, student and teacher response questionnaire sheets and learning achievement test. Based on the results of the trials conducted, it was found that (1) the results of the validation of learning tools namely RPP and LKPD were in the valid category, while the student textbook was in the valid category; (2) practically, based on observations of the implementation of learning devices in the overall implementation category, the teacher’s response to student textbooks is 100% and LKPD gives a response of 90%; while the analysis of students’ response data to student textbooks there were 99.5% of students who gave positive responses, and 82,5% of students who gave positive responses to LKPD. Effectively based on the management of learning obtained are in the very good category, student activity in the excellent category, and tests learning outcomes are in the high category with an average test score of 12 from an ideal score of 15. It can be concluded that at the trial stage the development of the quadrilateral flat mathematics learning tool based on the guided discovery method of grade VII SMP/MTs met the valid, practical, and effective criteria. 


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika materi bangun datar segiempat  berbasis metode penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan mengacu pada model 4D yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan berupa RPP, buku ajar siswa dan LKPD yang berbasis metode penemuan terbimbing pada materi bangun datar segiempat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar angket respons peserta didik dan guru serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP dan LKPD berada pada kategori valid dan buku ajar siswa berada pada kategori valid, (2) Praktis berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya, respons guru terhadap buku ajar siswa adalah 100% dan LKPD memberikan respons 90%; sedangkan analisis data respons peserta didik terhadap buku ajar siswa terdapat 99,5% siswa yang memberi respons positif, dan 82,5% siswa yang memberi respons positif pada LKPD, (3) Efektif berdasarkan pengelolaan pembelajaran diperoleh berada pada kategori sangat baik, aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik, dan tes hasil belajar berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata tes adalah 12 dari skor ideal 15. Disimpulkan bahwa pada tahap uji coba yang dilaksanakan pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi bangun datar segiempat berbasis metode  penemuan terbimbing kelas VII SMP/MTs telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Aisfar, Nur Ikrar. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Pokok Bahasan Teorema Pythagoras pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Amir. (1999). Pengembangan Paket Pembelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian (KTK) pada Kelas III SD Kalisongo III Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Tesis S2 tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.

Antik, (2006). Metode Penemuan Terbimbing. [Online].Tersedia antik2006.wordpress.com/metode-penemuan-terbimbing/. [31 Mei 2013].

Arifin, Zainal, dkk. (1989). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya CV.

Arwadi, Fajar. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Arsyad, N. (2016) Model Pembelajaran Menumbuh Kembangkan Kemampuan Metakognitif.I (A. Juhari, Ed.). Makassar: Pustaka Refleksi

Asyari, Syahrullah. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Baharuddin. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Kelas VII MTs Negeri Model Makassar. UIN Alauddin Makassar.

Bustang. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berbasis Realistik pada SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. [Online]. Tersedia: www.dikmen.kemdikbud.go.id/kurikulum2013/. [Januari 2015]

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Gueded Disscovery.[Online].Tersedia:www.dikmen.kemdikbud.go.id/kurikulum2013/. [Agustus 2015] .

Makkulau, Hasmawati. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Takalar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Marpaung, Y (2003). Perubahan Paradigma Pembelajaran matematika di sekolah. Makalah disajikan pada seminar nasional pendidikan matematika di Universitas Sanata Dharma, tanggal 27 & 28 Maret.

Marsuki, Arnida. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning Pokok Bahasan Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Matematika yang menumbuhkan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Permendiknas No. 41 Tahun 2007: “RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).”

Raehana, Sitti. 2011. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah yang Memanfaatkan Sumber Belajar Autentik pada Siswa Kelas VB SD Inpres Perumnas. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FMIPA UNM.

Rafiqah (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme. Alauddin Makassar : Alauddin University press.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM. Ada

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Subroto, Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Widdiharto, Rachmadi.2004. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta; Diknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al asma : Journal of Islamic Education is indexed by:

  


Al asma : Journal of Islamic Education

Published by:

Komite Penjaminan Mutu (Quality Assurance Committee), Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University of Makassar

Office Address:

JL. H. M. Yasin Limpo, No. 36, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Building, Quality Assurance Committee Office at 3th floor, Samata - Gowa, Sulawesi Selatan 92113

Email: al-asma@uin-alauddin.ac.id

Print ISSN: 2715-2820 | Online ISSN: 2715-2812 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

 View Al asma Stats