PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POBAR (POHON BANGUN RUANG) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

A. Sriyanti, Andi Halimah, Nurfiana Nurfiana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika pohon bangun ruang pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research & development dengan mengacu pada model ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Ash-Shalihin. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran berupa alat peraga matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, lembar angket respons guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba, diperoleh bahwa: (1) hasil validasi media pembelajaran adalah 3,40 berada pada kategori valid dengan interval , (2) praktis diperoleh berdasarkan respons guru dan respons siswa terhadap media pembelajaran sebesar 97,7% dan 96,8%, dan (3) efektif berdasarkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran diperoleh rata-rata 3,91 berada pada kategori sangat baik dengan interval , aktivitas siswa dalam kategori sangat baik yakni 96,8% dengan interval persentase , dan tes hasil belajar berada dalam kategori tinggi dengan persentase ketuntasan belajar keseluruhan siswa sebesar 86,3%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba, media pembelajaran pohon bangun ruang pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ash-Shalihin telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Abstract

This study aimed to develop mathematics learning media of POBAR in flat, solid, practical, and effective material. The study used research and development with ADDIE models, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation suggested by Steven J McGriff. The test subjects in this study were the students of class VIII A at MTs Ash-Shalihin. The instruments used in this study were validation sheets, learning management observation sheets, students’ activity sheets, teachers’ and students’ response questionnaire sheets, and learning achievement tests. Based on the result of testing conducted, it was found that: (1) the results of the validation of learning media were 3.40 in the valid category because of the interval value , (2) practical use obtained based on teachers’ and students’ responses to learning media was 97.7% and 98.8%, and (3) the effectiveness based on the teachers’ ability to manage learning was 3.91 in very good category with the intervals of , the students’ activity was 96.8% which was categorized in excellent with the interval value , and the learning achievement test was in the high category and the overall learning completeness was 86.3%. It could be concluded that, based on the testing stage, the implementation of POBAR learning media in flat side material of class VIII at MTs Ash-Shalihin fulfilled the valid, practical, and effective criteria.


Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran; Pohon Bangun Ruang; Bangun Ruang Sisi Datar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (XVII). Jakarta: Rajawali Press.

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2058

Kiswanto, K., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Deskripsi Pemahaman Konsep Materi Geometri Ditinjau dari Kepribadian Sensing dan Intuition pada Siswa Kelas IX SMPN 33 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 41–58. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2742

Masykur, R., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014

Muzakkir. (2012). Microteaching Teori dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Nurfadillah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga pada Materi Sistem Saraf di Kelas XI MA Madani Alauddin Paopao. UIN Alauddin Makassar.

Pratiwi, M. C., Riyana, C., & Dewi, L. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pocket Book (ARPOOK) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1–14. Retrieved from https://www.academia.edu/35564821/PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_AUGMENTED_REALITY_POCKET_BOOK_PADA_MATERI_BANGUN_RUANG_SISI_DATAR_Studi_Pengembangan_Media_Pembelajaran_Berdasarkan_Metode_Design_and_Development?auto=download

Puji, K. M., Gulö, F., & Ibrahim, A. R. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Bentuk Molekul di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 59–65. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/2385

Salim, K., & Tiawa, D. H. (2014). Development of Media-Based Learning Animation for Mathematics Courses in Electrical Engineering, University Riau Kepulauan. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 3(10), 8332–8336. Retrieved from https://ijarcce.com/wp-content/uploads/2014/10/IJARCCE4K-a-kalbin-Development-of-Media-Based-Learning-Animation-for-Mathematics-Courses-in-Electrical-Engineering-University-Riau-Kepulauan.pdf

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sari, A. P., & Setiawan, A. (2018). The Development of Internet-Based Economic Learning Media using Moodle Approach. International Journal of Active Learning, 3(2), 100–109. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/download/13449/7458

Sari, R. S. P. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Software Microsoft Adobe Flash untuk Kelas VIII SMP. UIN Raden Intan Lampung.

Suharjana, A. (2008). Mengenal Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zaerani, S., Mardhiah, & Suharti. (2017). Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri Balang-Balang. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 279–292. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/3616/pdf




DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a2.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 A. Sriyanti, Andi Halimah, Nurfiana Nurfiana

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by

Sinta  

ISSN Print: 2407-2451 ISSN Online: 2621-0282

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: auladuna@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View AULADUNA Stats